I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Thursday, February 19, 2009

Into The Wild


(ini foto aslinya Christopher McCandless alias Alexander Supertramp yang ada di dalam kamera poket, yang ditemukan di dalam mobilnya...)



Semalem baru nyelesain film Into The Wild.

Gue seneng banget waktu beberapa hari yang lalu bisa nemu VCDnya di Ezy. Ini salah satu film yang pengen banget gue tonton...!! Gue udah pernah nonton reviewnya di acara Oprah Winfrey Show berbulan - bulan yang lalu. Di acara itu, Oprah ngewawancarain Sean Penn, sutradara, dan Emile Hirsch, pemeran Chris McCandless. Dari awal, hal yang bikin gue ngerasa harus nyari dan nonton film ini, karena film ini diambil dari kisah nyata Chris McCandless itu. Gue suka film - film yang diambil dari kisah non fiksi.

Sean Penn bilang, walopun dia tidak pernah bertemu dengan Chris (ya iyalah...dia udah meninggal duluan di Alaska), tapi dia sangat mengagumi sosoknya, yang dia sebut sebagai 'seseorang yang berani keluar dari zona nyamannya'. Memang benar, Chris ini lahir dari keluarga kaya dan berpendidikan tinggi. Dia pun lulusan universitas. Tapi di dalam jiwanya, dia berusaha memberontak dan lari dari kondisi keluarganya yang bisa dibilang agak berantakan. Dia menyebut kedua orangtuanya sebagai orang - orang yang hidup nyaman dalam kebohongan. Hampir bisa dibilang dia sangat membenci kedua orangtuanya. Ini cuma opini gue aja sih....Kayaknya satu - satunya orang yang dia sayang dalam hidupnya cuma adiknya aja, Carine.

Begitu lulus kuliah, diam - diam dia memutuskan untuk meninggalkan kehidupan normalnya, dan berpetualang di alam bebas. Hebatnya, semua tabungan yang dia punya, dihibahkan untuk kepentingan orang susah. Chris bahkan meninggalkan mobil, dan membuang semua kartu identitas yang dia miliki. Dia pengen ngga seorang pun bisa melacak keberadaannya dan mencari dia. Kalau butuh uang, dia akan kembali ke kota, untuk mencari pekerjaan dan tinggal di kota itu beberapa saat.

Chris berambisi untuk bisa mencapai Alaska, dan (kalo ngga salah) 2 tahun sejak dia memulai kisah petualangan alam liarnya, akhirnya Chris bisa tiba di Alaska. Di Alaska, dia menemukan sebuah kendaraan (menurut gue kayak VW Combie gitu, tuh yang ada di foto atas) yang kemudian dia jadikan tempat tinggal. Di mobil inilah Chris menjalani kehidupannya sehari - hari, mulai dari tidur, memasak, melamun, bengong, baca buku, dan menulis buku tentang perjalanannya ! Kalau lapar, dia berburu binatang liar. Chris benar - benar menikmati hidupnya di alam liar kayak gitu, walaupun kadang (sepertinya) dia juga merasa kesepian dan (sedikit) frustasi gitu....maklumlah, untuk orang kota, masuk ke alam liar kayak gitu pastinya ngga gampang dan harus banyak penyesuaian (sok tau deh gue..).

Endingnya, karena kekurangan bahan makanan (kayaknya saat itu dia sempat frustasi karena kelaparan namun ngga dapat hewan buruan), Chris mencari tumbuh - tumbuhan sebagai bahan makanan pengganti. Sayangnya, walopun udah pake buku panduan mengenai tumbuhan yang boleh dan tidak boleh dimakan, Chris salah makan, salah satu jenis tumbuh-tumbuhan yang masuk kategori 'beracun'. Kasian deh...singkatnya, si Chris, yang sejak memulai petualangannya mengubah namanya jadi 'Alexander Supertramp' ~entah apa artinya....~, perlahan - lahan semakin lemah dan sakit..dan akhirnya...meninggal ! Hikss....2 minggu kemudian, mayatnya ditemukan oleh seorang pemburu (ato petualang lainnya ya?)...

Oya, selain kisah petualangnya yang seru itu, menurut gue si Chris ini jahat juga ke keluarganya...karena dia benar - benar ngga mo kasih kabar....jadinya keluarganya tiap hari nungguin dia dengan desperate...kasian juga emak - babenya kalo gitu....kalo orang Indonesia, mungkin mereka udah nanya ke dukun, untuk tau dimana posisi anaknya saat itu..

Kayaknya dalam diri setiap orang ada jiwa memberontak kayak si Chris ini, jiwa memberontak yang mendorong dia untuk kabur...benar - benar kabur dari kehidupan aslinya, dan mencari pelarian yang sesuai dengan panggilan jiwanya. Tapi mungkin..kebanyakan orang terlalu pengecut, takut menantang dirinya sendiri. Mereka (termasuk gue sih) takut dengan kendala - kendala yang bakal menghadang, takut ini, takut itu...akhirnya takut mencoba. Chris bahkan rela menyingkirkan tabungan puluhan ribu dollar yang dia punya, semakin ngga punya duit katanya bikin dia semakin bergairah. Kalo orang punya duit dan materi, dia sebut 'malah bikin jadi khawatir"...Sialll...bener banget tuh !! Yang lebih hebat lagi, pandangannya hidupny bahwa hubungannya dengan alam lebih penting dibandingkan hubungannya dengan sesama manusia. Damn....di usia masih semuda itu dia udah bisa berpikir sedewasa dan sekritis itu...bikin ngiri...

Eniwei, semoga jiwanya beristirahat dengan tenang...pasti tenang, karena setelah dikremasi, sang adik membawa abunya dan menyebarkannya di Alaska.

Pemberani, jujur, dan inspiratif...

No comments :