I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Sunday, January 21, 2018

Niat Kesampaian Ke Trowulan (Persiapan Trip)


Sejak beberapa bulan yang lalu gue berniat banget pengen ke Trowulan. Awalnya karena gue pernah baca artikel kalau Trowulan dahulu adalah pusat Kerajaan Majapahit, yang masih menyisakan banyak peninggalan kejayaan kerajaan tersebut. Gue langsung takjub seketika. Pertama, demi mendengar nama 'Majapahit' aja langsung bikin penasaran, karena ini adalah salah satu kerajaan paling besar, paling kuat, dan termasyur di Indonesia, dengan nama tokoh - tokoh besar seperti Hayam Wuruk, Gajah Mada, dan lainnya. Kedua, ternyata di Trowulan terdapat banyak candi - candi serta bangunan peninggalan kerajaan Majapahit. Kenapa telat amat gue tahu mengenai ini ya...

Gue paling senang wisata ke tempat - tempat bersejarah. Khususnya untuk hobi gue menyambangi candi - candi dan bangunan bersejarah, selama ini gue berpikir Siem Reap (Kamboja) dengan Angkornya adalah yang paling fenomenal dan keren. Secara luas, Angkor seperti sebuah kota yang isinya candi di mana - mana. Saking kagumnya, gue sampai dua kali berkunjung ke sana. Ternyata Indonesia juga punya kawasan yang merupakan peninggalan sebuah kerajaan, di mana sebuah daerah atau kota dipenuhi peninggalan berupa candi - candi dan bangunan peninggalan kerajaan kuno.

Untuk mewujudkan impian gue ke Trowulan, awalnya sempat berniat mau naik kereta ke Mojokerto. Trowulan adalah salah satu kecamatan di Mojokerto. Tapi gue urung naik kereta karena perjalanan 12 jam yang harus ditempuh dari Gambir, Jakarta. Rasanya ngabisin waktu di jalan banget. Akhirnya....gue memilih perjalanan ke Trowulan ini sebagai perjalanan ulang tahun gue. Sudah jadi kebiasaan, setiap ulang tahun gue akan melakukan trip jalan - jalan. Karena ini trip ulang tahun, jadi persiapannya agak lebih matang dari biasanya. Gue pun memutuskan untuk menempuh perjalanan menuju Surabaya menggunakan pesawat. Khan ulang tahun, jadi budgetnya boleh lebih dikit...Trus, gue pun mengambil cuti 2 hari dari kantor, biar gue punya waktu leluasa untuk puas-puasin impian buat jelajah Trowulan, 4 hari. Oya, berhubung tahun ini ulang tahun gue jatuh di hari Jumat, gue pun memutuskan menjadwalkan tripnya tanggal 11-14 Januari 2018.

Agak ragu awalnya... Karena seumur - umur ngga pernah merayakan ulang tahun jauh dari keluarga. Keluarga gue punya kebiasaan kalau ada yang berulang tahun akan dirayakan bersama - sama, dengan tiup lilin, makan malam bersama dan berdoa bersama. Dan tahun ini sepertinya gue ngga bisa menjalankan kebiasaan itu tepat di hari ulang tahun gue.

Meskipun udah beli tiket pesawat beberapa bulan sebelum trip, tapi persiapan detil gue menuju Trowulan agak mendadak, baru di awal Januari. Persiapannya termasuk mencari penginapan, transportasi dan tentunya lokasi - lokasi wisata di Mojokerto, dan Trowulan khususnya.

Untuk hotel....cukup sulit mencari informasi mengenai hotel di Mojokerto. Dari pengalaman gue menyiapkan trip ini, gue bisa bilang kalau wisata Mojokerto, dan Trowulan khususnya, belum terlalu terekspos. Jadi agak menantang untuk menggali dan mencari informasinya. Khususnya untuk urusan hotel, sedikit banget daftar hotel yang bisa gue temukan ketika browsing - browsing di internet. Pilihan gue akhirnya jatuh ke Sun Palace Hotel. Ini adalah satu - satunya hotel yang berlokasi di Jalan Trowulan, jadi gue beramsumsi dekat dengan situs - situs candi Trowulan. Untungnya gue bisa booking hotel ini di aplikasi Pegipegi. Rate hotelnya adalah Rp. 372,000/malam untuk deluxe room sudah termasuk pajak dan sarapan untuk 2 orang.

Awalnya, gue berniat menginap di Grand Whiz Trawas, buat nyobain capsule room-nya yang baru di-launched sekitar November tahun lalu. Etappii... Waktu gue mencoba booking melalui websitenya, ngga ada pilihan untuk capsule room, hanya ada untuk 'regular' room. Gue coba booking melalui salah satu platform booking hotel, sama! Trus gue hubungi bagian reservasinya melalui email, ngga dibalas. Terakhir gue kontak dengan cara komen di akun Instagramnya, dan nanya: gimana cara booking capsule roomnya? Komen gue dijawab sih, tapi simpel : bisa melalui website atau di Traveloka, semacam itulahh. Herannn...kok booking hotel bisa sesulit itu ya? Kenapa ngga coba telepon? Ogaaahh...!! Belum apa-apa budget trip gue udah kepake buat pulsa nelpon ke Mojokerto dong. Gue pun jadi ngga ngotot lagi untuk nyobain capsule room di sana. Yang bikin gue ragu juga karena pengen tetap fokus cari penginapan di daerah yang terdekat dengan Trowulan.

Untuk transportasi....ini sama menantangnya dengan urusan hotel. Di Mojokerto dan Trowulan ngga ada transportasi umum ! Satu-satunya cara berpertualang di sini, ya dengan sewa kendaraan. Setelah browsing sana - sini sampai puyeng, akhirnya secara random gue menemukan tempat rental mobil, namanya Pendowo Rent Car. Gue menyewa mobil (berikut supir, sudah termasuk bensin) dengan tarif Rp. 500,000 seharian untuk tanggal 11 Januari 2018, termasuk penjemputan dari Airport Juanda yang lokasinya di Sidoarjo, alias di luar Mojokerto. Wuihhh... Bekpeker gembel pake dijemput segala dari airport? Iyalahhh!! Khan ULANG TAUUNN! Sebenarnya, gue pengen nyobain naik bus umum menuju Mojokerto. Tapi gue lebih kepengen nyari cara tercepat untuk tiba di Trowulan. Gue tahu ada bus dari Sidoarjo yang lewat Mojokerto. Masalahnya, dari terminal Mojokerto gimana caranya gue mencari Sun Palace Hotel yang entah di mana lokasinya gue belum tahu, mengingat fix ngga ada angkutan umum di Mojokerto.

Trus gue juga sewa untuk hari kedua,  12 Januari untuk seharian keliling Mojokerto, tarifnya Rp. 400,000,-. Untuk tanggal 13 dan 14 Januari, gue masih belum punya ide gimana urusan transportasinya, karena kalo liat itinerary yang gue buat, semestinya gue sudah bisa mengeksplorasi seluruh Trowulan dan beberapa lokasi lainnya di luar Trowulan, dalam 2 hari tersebut.

Gue sudah bisa mulai membayangkan, trip Trowulan ini ngga mungkin bisa dilakukan dengan budget minimalis. Secara akomodasi dan transportasinya terbatas banget. Tapi ngga papa lah....khan, ULANG TAUNNN....

Setelah urusan hotel dan transportasi kelar, misi berikutnya nyari informasi wisata Mojokerto. Karena masih blank sama sekali, gue ngga ada gambaran Mojokerto (kota) itu kayak apa...Trowulan itu kayak apa...trus jarak antar kecamatan kayak apa...Selain Trowulan, lokasi wisata Mojokerto yang cukup banyak diulas adalah Trawas dan Pacet. Dengan informasi - informasi ini, gue mulai menyusun daftar dan jadwal jalan - jalan gue...bahasa kerennya itinerary. Oya, seperti gue bilang tadi wisata Mojokerto cenderung kurang banyak diekspos, jadi cukup susah nyari rekomendasi - rekomendasi wisata di sana. Gue pun menjelajah medsos untuk menggali info sebanyak-banyaknya. Gue bergabung di group MJJ (Mojokerto Jalan-Jalan) di Facebook dan beberapa group serupa di Instagram. Tapi yang paling banyak membantu gue adalah Group Facebooknya MJJ itu. Seneng banget bisa nemu group ini, karena anggota-anggotanya sangat aktif share info wisata Mojokerto. Baik wisata sejarah, alam, atau wisata kekinian ala-ala ABG gitu. Ngeliat info - info wisata yang dibagiin di group ini, bikin gue makin ngiler dengan pengen buru - buru ke Mojokerto.

Ini dia itinerary yang gue susun untuk trip Trowulan ini :

11 dan 12 Januari 2018:
  • Candi Brahu
  • Candi Gentong
  • Candi Gapura Wringin
  • Candi Bajangratu
  • Candi Tikus
  • Museum Trowulan 
  • Maha Vihara Mojopahit (Sleeping Buddha)
  • Segaran
  • Situs Pemukiman Majapahit
  • Situs Kedaton
  • Umpak Delapan
  • Situs Minak Jinggo
  • Jolotundo
  • Akar Seribu
13 Januari 2018
  • Museum Sanggar Gubug Wayang
  • Mojokerto kota
14 Januari 2018
  • Museum Kapal Selam, Surabaya
  • House of Sampoerna, Surabaya
Sepanjang kiprah kaki panjang gue berpetualang, kayaknya ini salah satu perjalanan gue yang paling matang persiapannya. Meskipun gue senang melakukan perjalanan yang spontan, tapi positifnya, dengan persiapan kayak begini rasanya lebih tenang.

Can't wait to see you, Trowulan !

No comments :