I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Thursday, April 28, 2011

22 April 2011 - Amazed by Angkor's Beauty

Pre Rup

SmileyJadwal hari ini dimulai dengan liat sunrise di Angkor Wat. Untuk itu, gue harus bangun jam 04.00 pagi, trus mandi, dan berangkat jam 05.00 dari Golden Temple. Mr. Sambo lagi yang akan jadi partner gue dan karena perjalanan hari ini akan jauh lebih panjang dari kemarin, gue harus bayar USD 18 untuk sewa tuktuknya.

Tuktuk pun melaju menuju Angkor Wat. Tiba di sana, udah banyak turis lainnya yang juga mengincar pesona matahari terbit di Angkor Wat, siap dengan kamera masing - masing. Cuaca pagi ini sangat bersahabat, jadi turis - turis yang datang ngga kecewa dan bisa menikmati indahnya langit Angkor Wat. Begitu langit mulai terang, gue meninggalkan danau, lokasi para turis berlomba mencari posisi yang paling pas untuk motret sunrise, dan berjalan menuju Angkor Wat. Angkor Wat masih sepi dan gelap. Asyik Smiley. Hari ini gue mengeksplorasi Angkor Wat lagi, tapi kali ini lebih leluasa karena baru beberapa orang yang tiba.

Puas di Angkor Wat, gue dan Mr. Sambo melanjutkan perjalanan, berturut - turut menuju Pre Rup, East Mebon, Bantey Srey, Tasom, Neak Pean dan berakhir di Preah Khan.

Sunrise di Angkor Wat

Pre Rup

Bantey Srey

Bantey Srey

East Mebon

East Mebon

Tasom

Tasom

Neak Pean

Preah Khan

Preah Khan

Preah Khan

Preah Khan

Dari semua temple yang gue kunjungi hari ini, Preah Khanlah yang berhasil bikin gue ketakutan setengah mati Smiley. Seperti di beberapa temple lainnya, begitu Mr. Sambo menurunkan gue di pintu masuk, dia langsung meninggalkan gue dan akan menjemput di pintu keluar...yang lokasinya entah dimana. Jalan menuju gerbang masuk Preah Khan tuh panjang banget...dengan pepohonan rindang di sisi kiri dan kanan jalan. Sepi bukan main. Gue belum liat ada turis lain, cuma ada beberapa anak kecil berjualan minuman, kartu pos, dan lain sebagainya.

Begitu melewati gerbang masuk, bukan bangunan temple utama yang gue liat, tapi justru hutan lagi yang jauh lebih rindang...dan gue sendirian...mencekam Smiley ! *lebay* Mau lari...percuma, karena jarak yang harus gue tempuh masih jauh...mau sok berani, harus ! Karena ngga ada pilihan lain, gue emang harus melewati hutan itu paling ngga untuk menuju gerbang keluar. Dalam situasi seperti ini, seperti biasa, gue cuma bisa pasrah dan berusaha mengusir rasa takut dengan bernyanyi - nyanyi kecil Smiley, lagu yang menenangkan buat gue..

Tenanglah kini hatiku, Tuhan memimpin langkahku
Di tiap saat dan kerja tetap kurasa tanganNya

Tuhanlah yang membimbingku, tanganku dipegang teguh
Hatiku berserah penuh, tanganku dipegang teguh
Smiley

Ada hal penting yang mungkin sering terlupakan oleh gue, bahwa alasan utama gue berani bekpekeran sendirian adalah karena gue tahu, kemana pun kaki gue melangkah, Yesus pasti nemenin dan ngejaga gue. Jadi seharusnya gue tetap tenang dan ngga takut Smiley.

Akhirnya gue tiba di bangunan utama temple. Tetap sepi, ngga ada pengunjung lainnya. Begitu banyak pepohonan menjulang tinggi dengan akar - akar raksasanya menjalar di antara bangunan temple...Indah banget sebenarnya....dan kesan mistisnya makin kuat.

Gue masuk ke bagian tengah temple, dan langsung lega, karena akhirnya mata gue bisa menangkap beberapa turis lainnya, walaupun ngga banyak.
Seru banget nih tempat...perasaan gue campur aduk : takjub, deg - degan, takut tapi penasaran Smiley.

Eksplorasi Preah Khan pun selesai. Gue tiba di pintu keluar dan dari kejauhan langsung ngeliat Mr. Sambo yang teriak "Hallooo Smiley !" sambil tersenyum dan melambaikan tangan ke arah gue.


Dahsyattt...hari ini energi gue terkuras sempurna Smiley....selain banyaknya temple yang gue kunjungi, panjangnya jarak yang harus gue jalanin, ditambah pula dengan panasnya cuaca Siem Reap hari ini. Hati gue emang senang bukan main karena akhirnya rasa penasaran gue untuk menjelajah Angkor terwujud sudah. Tapi itu berarti gue udah mengeksploitasi habis - habisan kedua kaki dan punggung gue. Juga kulit gue sebenarnya...dengan celana pendek dan kaos lengan pendek, gue cuma bisa pasrah kulit gue terbakar sinar matahari. Hari ini, hari ketiga gue berpetualang, kulit gue udah...hitam absolut...Sia - sia sudah sunblock yang gue bawa.

Sorenya, gue kembali ke Golden Temple. Di presidential suite gue ngga langsung mandi, gue butuh beberapa saat untuk istirahat merebahkan badan dan meluruskan kedua kaki yang malang. Setelah tenaga terkumpul, gue mandi, ke ruang internet sebentar Smiley, trus seperti kemarin gue akan menyusuri River Road, kali ini minus night market. Gue mampir di Angkor Market buat belanja air mineral dan buah, trus ke Luck Bakery untuk beli roti diskon 50%. Abis itu kembali ke Golden Temple.

Luck Bakery

Jam 10 malam gue ada janji untuk massage di Golden Temple. Ini salah satu fasilitas kelas VIP lagi yang gue dapatkan, massage gratis selama 20 menit. Lumayan banget....pas sama kondisi kaki gue yang cape bukan main. Setelah dipijat, gue masuk ke presidential suite dan tertidur dengan pulasnya Smiley.



1 comment :

Shine said...

woahhh.. stunning :)) keren2 templenya