I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Wednesday, May 04, 2011

23 April 2011 - Rolouse Group Tour

Hari ini gue akan meninggalkan Golden Villa agak siang. Gue sengaja minta sama staff Golden supaya supir tuktuk jemput gue jam 10 pagi aja...gue pengen punya waktu agak panjang untuk tidur dan santai.

Jadi pagi ini gue bisa santai di teras Golden sambil baca buku yang gue bawa, Smiley The Yearning, dengerin suara Jason Mraz dari Mp3, sambil menikmati secangkir teh hangat. Mantap

Untuk persiapan hari ini, gue mesan makan siang dari Golden Temple Restaurant. Harganya sekitar USD 2.5, padahal isinya cuma nasi putih sama sayur. Gue ngga tau sayur apaan, tapi rasanya jadi sama kayak tumis kangkung gitu kalo di Indonesia. Sebenarnya kalo diitung - itung mendingan gue beli makan siang di KFC, tapi berhubung belum siap berjalan panjang pagi ini, akhirnya gue pesan makanan ala vegetarian itu. Lagian, emang ada baiknya gue konsumsi sayur dulu hari ini, untuk intermezo dari makanan junk food yang gue beli beberapa hari belakangan.

Tepat jam 10 pagi, Noy, sopir tuktuk datang menjemput. Gue agak kecewa karena hari ini ngga bisa jalan sama Mr. Sambo. Mr. Sambo khan partner, guide, sekaligus teman terdekat gue selama di Siem Reap ini. Tapi berhubung gue baru pesan tuktuk pagi ini ke staff Golden Temple, menurut mereka Mr. Sambo sudah ada jadwal dengan tamu lainnya.

Hari ini waktunya Rolous group tour ditambah sunset di Angkor Wat. Rolous group tour artinya gue akan mengunjungi 3 temple : Preah Ko, Bakong, and Lolei. Dan untuk acara jalan - jalan hari ini gue membayar sewa tuktuk USD 12.

Temple yang pertama gue kunjungi adalah Preah Ko. Templenya kecil, letaknya dekat sama rumah - rumah warga. Pagi ini belum banyak turis yang datang. Kalo pun ada rombongan turis, paling lama mereka akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit di sini. Mendengarkan tour guide, foto - foto keliling temple, trus berangkat lagi. Gue tinggal di situ sampe ada sekitar 4 - 5 kali rombongan turis datang dan pergi. Gue menikmati suasana hening dan tenang selama di sana. Noy nunggu di jalan utama.

Puas di Preah Ko, berikutnya Noy mengantar gue ke Lo Lei. Dibandingkan Preah Ko, Lo Lei jauh lebih megah. Tapi berhubung cuaca lagi panas bukan main sementara ngga ada tempat untuk berteduh sama sekali, gue ngga terlalu lama berkeliling di sini. Temple terakhir yang gue kunjungi di Rolous Group ini adalah Bakong. Templenya kecil banget...cukup sekali berkeliling, foto - foto dikit, abis itu gue ninggalin lokasi.

Sejak di Preah Ko gue kenalan sama seorang turis asal Kanada, yang bikin gue sadar kalo perjalanan gue kali ini judulnya "just me and Jesus". Kali ini gue ngga terlalu ngotot pengen cari temen baru, karena gue pengen bisa mengeksplorasi Siem Reap, khususnya Angkor, sepuas - puasnya, tanpa terganggu sedikit pun. Jadi, walaupun bisa menghemat biaya (tuktuk), gue ngga berminat untuk join tuktuk sama turis lain, baik yang gue kenal di Golden Villa ataupun di jalan. Karena cara gue menikmati Angkor bisa jadi berbeda sama orang lain...misalnya gue betah duduk bengong di Bayon selama 2 jam atau bolak - balik menyusuri lorong - lorong sepi di Angkor Wat Smiley...atau tertakjub - takjub mengamati akar - akar pohon besar di antara tembok Ta Phrom temple...Belum tentu orang lain sabar nungguin gue dengan keasyikan gue itu, kecuali Mr. Sambo. Sedangkan kalo gue berbagi tuktuk dengan orang lain, gue ngga bisa melakukan hal - hal kayak gitu semaunya.

Punya partner jalan - jalan emang ada baiknya, ada temen ngobrol Smiley, ada temen yang bisa motretrin gue, ada temen berbagi ongkos tuktuk...tapi kali ini gue nyaman banget dengan kesendirian gue. Lagian, ada Mr. Sambo yang biasanya jadi partner gue. Gue ngga perlu banyak ngobrol...karena kadang saking capenya gue suka tertidur Smiley di tuktuk. Selain itu, pikiran gue asyik sendiri melayang menikmati pemandangan luar biasa yang gue liat selama di Angkor atau Siem Reap ini. Untuk urusan foto, ada tripod yang sangat ngebantu tiap kali gue mau ambil foto diri. Selain itu, Mr. Sambo juga seringkali menawarkan diri untuk ngambil foto gue kok...

Si turis Kanada ini pengen join sama gue karena sopir tuktuknya ngga bisa bahasa Inggris sama sekali. Sementara Noy, walaupun terbatas, tapi dia masih bisa diajak berkomunikasi pake bahasa Inggris. Tapi belum apa - apa si turis Kanada ini terlalu memaksakan diri banget. Dia ngotot minta ke Landmine Museum. Noy dan sopir tuktuknya menolak, karena dari awal ngga ada perjanjian untuk ke sana. Landmine Museum khan jauh, di dekat Bantey Srey. Awalnya gue setuju untuk ke Landmine Museum, karena Rolous group tour udah hampir selesai, dan gue masih punya banyak waktu sampai menunggu sunset di Angkor Wat. Tapi gue ngga suka dengan sikapnya yang terlalu memaksa. Akhirnya gue bilang, gue akan ke Landmine Museum besok, dan kalo dia tetap ngotot mau ke sana siang ini, terserah dia. Gue pikir - pikir, ini kesempatan emas buat gue bisa memisahkan diri. Gue udah berhari - hari terbiasa jalan sendirian, jadi agak risih, menjurus terganggu, kalo ada yang jalan bareng gue sepanjang waktu. Akhirnya gue dan Noy berangkat ke Angkor, meninggalkan si turis Kanada dengan sopir tuktuknya di Bakong Smiley.

Dari Bakong, perjalanan dilanjutkan ke Angkor. Cukup jauh...sampai gue tertidur di tuktuk. Tiba di Angkor gue minta diantar ke Bayon. Bayon lagi...Bayon lagi...sejujurnya emang gue lebih jatuh cinta sama Bayon dibandingkan Angkor Wat. Temple paling keren yang pernah gue liat, selain itu disini cenderung sepi. Gue tinggal di situ sampai langit agak gelap. Bukan karena menjelang sore tapi karena mendung. Setelah puas, gue melanjutkan perjalanan ke Angkor Wat. Sepanjang jalan antara Bayon dan Angkor Wat angin kencang bertiup. Ngeri Smiley...duduk di atas tuktuk menyusuri jalan Angkor yang lebih seperti hutan, dengan angin kencang dan awan gelap kayak begini. Gue harus menutup mata gue rapat - rapat supaya mata gue ngga kemasukan debu.

Kedatangan gue di Angkor Wat langsung disambut sama hujan deras. Gue mulai menyiapkan hati gue untuk ikhlas kehilangan momen sunset di Angkor Wat. Ini tiket terakhir gue, artinya kesempatan terakhir untuk masuk Angkor. Dan di kesempatan terakhir, hujan deras justru mengguyur Angkor.

Sambil menunggu hujan reda, gue menikmati makan siang super alakadar ala vegetarian sejati di dalam tuktuk, bareng Noy. Selesai makan, gue nyoba tiduran sebentar...abis itu, karena ngga sabar nunggu hujan reda, gue pake jas hujan dan jalan ke Angkor Wat. Nothing gonna stop me..not even rain. Salah satu buah manis dari persiapan matang gue kali ini, udah beberapa kali jas hujan ini membantu gue, sejak dari Kuala Lumpur. Jadi, walaupun hujan turun, gue masih bisa tetap nekad melanjutkan perjalanan Smiley.

Di Angkor Wat, walaupun gue tau udah ngga ada harapan buat nungguin sunset, tapi gue masih tetep menikmati acara keliling - keliling gue. Kali ini, gue naik sampai ke menara Angkor Wat paling tinggi. Selama ini gue ngga terlalu merhatiin, ternyata untuk naik ke sini, pake ampe antri segala. Udah gitu karena hujan, pengunjung harus ekstra hati - hati karena tangga menuju menara tinggi dan curam banget. Ditambah lagi, hujan yang ngga kunjung berhenti bikin tangga jadi agak licin.

Menjelang sore, puas berkeliling di menara teratas Angkor Wat, gue turun. Hujan tetap ngga berhenti...padahal gue udah gerah banget harus pake jas hujan dari tadi.

Pas di gerbang keluar, ngelewatin danau, hati gue jadi agak sedih Smiley.."Yesus..ngga bisa liat sunset di Angkor Wat...boleh ngga gue balik lagi ke sini suatu hari kelak ?"....Smiley

Selanjutnya gue nyari tuktuk Noy, trus kembali menuju Golden Temple Villa.

Pas tuktuk lagi melaju di depan Angkor Market, gue mendadak minta diturunin di situ aja sama Noy. Langit masih terang, gue pengen jalan - jalan dulu sebelum pulang ke Golden Temple. Gue pun masuk ke Angkor Market...pengen belanja. Kayaknya penyakit doyan jajan gue kambuh selama di Siem Reap ini...sebenarnya, selain air mineral, ngga ada lainnya yang perlu gue beli. Tapi lama - lama kebutuhan gue jadi makin mengada - ada...gue beli Mie Ramen Cup...alasannya untuk sarapan gue hari Senin nanti pas gue balik ke Siem Reap Airport...trus gue beli Lay...alasannya untuk nemenin gue nonton tipi di kamar nanti...trus beli buah nangka..karena gue kurang makan buah dan sayur selama di Siem Reap...trus beli coklat...karena gue masih punya cukup uang Riel untuk dibelanjain...Smiley

Kadang gue bingung belanja di Siem Reap ini...bayar pake USD, kembalian pake Riel. Lama - lama stok USD gue berkurang, Riel menumpuk. Dan karena gue males simpan Riel, gue bertekad untuk ngabisin Riel buat belanja - belanja kecil...misalnya di Angkor Market atau di Luck Bakery.

Selesai dari Angkor Market, gue nyebrang ke Central Market. Siem Reap tuh memanjakan banget turis yang doyan belanja atau berniat nyari oleh - oleh. Di sini ada 3 tempat belanja yang nyaman buat para turis yang ngejual produk - produk khas Cambodia : Central Market, Night Market sama Old Market. Awalnya gue sempet tergoda mau beli taplak buat meja makan di rumah...tapi setelah dipikir - pikir, tuh taplak kegedean, ngga akan muat di ransel gue. Lagian belum tentu motif dan warnanya cocok sama selera Mama. Jadi, kembali ke peraturan semula : shopping is forbidden Smiley.

Setelah cape keliling di Central Market, gue kembali ke Golden Temple. Tapi, habis mandi gue keluar lagi buat ke Luck Bakery...waktu sudah menunjukkan hampir jam 7 malam, artinya gue harus beli roti diskon. Kalo lagi bekpekeran kayaknya gue ngga bisa mengendalikan kaki gue deh...Mama nyebut gue Si Kaki Panjang, ngga pernah bisa diam...maunya jalan melulu...sebenarnya bukannya gue ngga cape, tapi 'berjalan kaki' kayaknya bikin gue merasa hidup dan bersemangat. Kali ini gue beruntung bisa dapat Chocolate Eclair...lumayan buat sarapan besok.

Pulang dari Luck Bakery, gue mampir dulu ke ruang internet. Selama di Siem Reap, handphone gue sering bermasalah sama operator lokal. Jadi sms gue ke Mama sering gagal kirim. Untuk antisipasi, gue harus keep in touch sama si Carol melalui Yahoo Messenger, Smiley untuk update kabar. Dan tentu saja...tiap kali gue kirim pesan ke Carol harus dibalas dengan, "Jangan lupa bawa oleh - oleh buat Ibet dan Abby !!!!"

Bosan di ruang internet, gue masuk presidential suite, siapin cemilan dan air mineral, cari channel menarik, siap nonton Smiley! Pas gue check handphone, ada sms dari Mama, "Jangan terlalu panjang kakimu, Cher. Jangan kemaleman pulang ke hotel, harus banyak istirahat. Kamboja jauh. Jaga kesehatan. Selalu berdoa." Miss you, Mama Smiley !!