I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Wednesday, June 19, 2019

Trip Banyuwangi : Hutan De Djawatan Benculuk


Gue dan Ony mampir ke hutan De Djawatan Benculuk tanggal 1 Oktober 2018, dalam perjalanan menuju ke Pantai Pulau Merah. Gue 'teracuni' dan penasaran pengen ke sini, karena lihat foto - fotonya di instagram. Seperti biasa, sebelum ngetrip ke suatu tempat, gue akan gali info sebanyak - banyaknya dari berbagai sumber. Begitu juga dengan trip Banyuwangi ini, gue berusaha mencari referensi dari segala macam tagar yang berhubungan dengan 'wisata Banyuwangi' di instagram, dan muncullah foto-foto hutan ini yang menurut gue keren banget. Kesannya tuh horor, gelap dan misterius. Dengan pohon - pohon raksasa yang seakan - akan berumbai - rumbai. Banyak yang bilang kayak lokasi film Lord of The Rings segala.

Awalnya gue pikir lokasinya pasti agak terpencil, karena kayak bagian dari hutan belantara gitu. Ternyata ngga...perjalanan dengan motor dari Manggo Tree ngga terlalu jauh, sekitar 30 kilometeran melalui jalan utama, Jalan Raya Banyuwangi. Nanti posisinya di sebelah kanan jalan. Begitu belok ke kanan, beberapa ratus meter kemudian, tiba deh di kawasan hutan Djawatan. Lebih pas disebut hutan di dalam kota kali ya. Seinget gue waktu itu gue cuma perlu membayar uang parkir Rp. 5,000 untuk bisa menikmati masuk ke kawasan hutan Djawatan.

Begitu menginjakkan kaki di sini, gue terkagum - kagum sekaligus menyimpan secuil rasa ngeri berada di antara pepohonan trembesi yang katanya sudah berusia seratus tahun ini. Meskipun langit sedang terang dan panas maksimal, tapi di kawasan ini berasa teduh dan gelap karena lebatnya pepohonan. Gue pikir foto-foto keren yang gue liat di instagram itu kebanyakan editan. Ternyata ngga juga sih...emang kawasan hutan Djawatan unik banget. Gue berasa mungil dan imut-imut banget berada di tengah hutan ini.

 
 
 
 

Senangnya, waktu gue ke sini ngga banyak pengunjung lainnya, jadi leluasa buat mengeksplorasi kawasan hutan dan pastinya berfoto - foto. Selain pohon - pohon raksasa yang menjadi nilai jual kawasan ini, juga ada beberapa spot bersantai di sini seperti ayunan, rumah pohon, dan lainnya. Untuk fasilitas seperti toilet dan mushala juga tersedia dan sepertinya dalam kondisi bersih. Pokoknya ini tempat wisata yang unik dan keren deh menurut gue.

No comments :