I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Friday, February 19, 2010

10 Feb 2010 - Vimanmek Mansion

Udah hari kelima gue di Bangkok...masih banyak lokasi yang harus gue cari dan kunjungi. Hari ini gue harus nyari Vimanmek Mansion yang cukup fenomenal itu.

Walopun gue pernah dikasih tau bahwa kalo mau ke Vimanmek Mansion dari Khaosan Road harus naek taxi, tapi gue ngotot mau pake cari laen, naik kapal. Gue liat di peta, dermaga yang paling deket menuju Vimanmek Mansion adalah Thewet Pier. Setelah itu, gue harus cari jalan lagi untuk sampe ke Vimanmek. Dengan langkah agak ragu, gue jalan menuju Chang Pier.

Di pintu masuk Chang Pier ada booth kecil yang ngakunya 'tourist information center'. Trus gue nanya ke seorang bapak yang jaga booth, mengenai rencana gue mencapai Vimanmek dengan cara naek kapal sampe Thewet Pier, trus jalan kaki. Tampangnya berubah bingung, trus dia bilang gue salah jalan, dan nyuruh gue naek naek taxi. Gue ngotot ngasih liat peta gue, yang menunjukkan posisi antara Thewet Pier dan Vimanmek. Akhirnya si bapak cuma bilang, "If you want to go to Thewet...just go there."

Huhhh....dari cara dia ngemeng seakan - akan cara yang gue pilih tuh konyol dan salah banget gitu. Gue sebenernya masih yakin dengan alternatif yang mau gue ambil, kecuali peta Bangkok yang gue pegang, yang gue dapat secara gratis di bandara, emang dibuat untuk menyesatkan orang.

Tapi di tengah kebingungan akhirnya gue malah kembali ke jalan raya, dan mencari taxi. Udah 2 sopir taxi gue berentiin, tapi mereka ngga tau di mana Vimanmek itu berada. Gue jadi bertambah bingung, karena Vimanmek itu letaknya masih di Bangkok, dan menjadi salah satu icon tujuan wisata Bangkok, tapi kok sopir taxi ngga tau dimana letaknya.

Trus gue cari Taxi motor. Gue kasih liat peta gue, dan sopirnya nanya - nanya ke sesama sopir lainnya...trus masih dengan tampang ngga yakin dia bilang, "100 bath". Halllaaaahh.....bukan 100 bathnya yang jadi masalah...tapi dari wajahnya aja gue udah yakin kalo dia ngga tau di mana Vimanmek itu.

Akhirnya gue kembali ke Chang Pier. Selama pengalaman gue bekpekeran, terlebih sendirian, kadang ada hal yang lebih bisa diandalkan dibandingkan peta ato petunjuk manapun, namanya i-n-s-t-i-n-g. Insting gue bilang ke Thewet Pier adalah cara terbaik yang harus gue tempuh. Walopun pas tiba di Thewet nanti gue belum tau jalan berikutnya yang harus gue tempuh, tapi setidaknya alternatif ini lebih menghemat uang gue, dan itu hal yang sangat gue butuhkan saat ini. Selama gue masih bisa menjangkau dengan jalan kaki, sejauh apapun, selelah apapun, semoga bisa gue jalanin dan nikmatin.

Gue naek kapal dan turun di Thewet Pier. Begitu tiba, gue jalan kaki tanpa tau pasti arah perjalanan gue. Gue udah ngga bisa mengandalkan peta lagi, karena peta ngga menjelaskan secara detil sampai ke jalan - jalan kecil di Thewet. Udah gitu, kendala yang gue hadapi selama di Bangkok ini karena masih banyak nama jalan ato lokasi yang ditulis dalam tulisan Thailand yang bener - bener ngga gue ngerti. Gue cuma mengandalkan insting gue, kapan harus nyeberang, harus berbelok atau jalan terus. Sampai gue sadar, ternyata gue udah berjalan sangat jauh dari Thewet Pier tadi, dan kelelahan menghentikan langkah gue tepat di seberang sebuah bangunan bernama Thailand Youth Hostel International.

Gue menyeberangi jalan, masuk ke kantor itu, dan nanya arah ke Vimanmek. Lelaki baek hati yang gue tanyain dengan ramah ngejelasin kalo gue tinggal jalan lurus, lalu belok kiri di perempatan jalan. Gue girang bukan main...karena ternyata gue ngga nyasar, dan dalam jalan yang bener menuju Vimanmek. Dengan semangat, gue lanjut berjalan kaki.

Tiba di Ratchadamnoen Nok Avenue, dari kejauhan gue malah melihat sebuah bangunan megah berdiri tepat lurus di hadapan gue. Gue liat peta gue lagi....National Assembly. Di depannya ada King Rama V Statue. Artinya, Vimanmek semakin deket. Ternyata Assembly Hall ini disebut juga Anantasamakon Thone Hall. Wahh...berarti gue bisa masuk ke sini dengan tiket yang gue beli di Grand Palace. Gue pun berlari (saking girangnya) ke pintu utama. Untuk boleh masuk ke dalam bangunan ternyata gue harus pake rok. Gampang, gue keluarin kain Bali dari tas.....melingkarkan ke pinggang gue.....dan jadilah rok !


Masuk ke Anantasamakon Throne Hall, gue ngga berhenti berdecak kagum. Bangunannya megah bergaya Rennaisance, dibangun tahun 1907 pas masanya King Rama V, oleh arsitek Italia. Sayangnya di sini ngga boleh memotret.

Selesai dari Anantasamakon Throne Hall, gue cuma perlu berjalan kaki sebentar dan tiba di Abhisek Dusit Throne Hall. Anantasamakon Throne Hall dan Abhisek Dusit Throne Hall masih berada dalam komplek Dusit Palace. Abhisek Dusit Throne Hall juga dibangun di masa King Rama V, yang salah satu fungsinya tempat menjamu tamu - tamu kenegaraan. Tapi sekarang fungsinya kayak museum, tempat memamerkan hasil - hasil seni dan kerajinan khas Thailand, buatan Support (Supplementary Occupation and Related Technology) Foundation, yayasan yang dinaungi oleh Ratu Thailand. Lagi - lagi, di sini dilarang memotret.

Masih di dalam komplek Dusit Palace, akhirnya gue menemukan Vimanmek Mansion. Masuk ke sini lebih ketat, harus pake rok, gak boleh pake topi, barang pribadi harus dititip di loker yang cuma berfungsi kalo dimasukin koin 2 x 10 bath alias musti bayar, trus gak boleh pake alas kaki juga.

Vimanmek adalah rumah kayu jati terbesar di dunia, dibangun tahun 1900 oleh King Rama V. King Rama V menempati Vimanmek sebagai istana kerajaan hanya selama 5 tahun. Tahun 1982, atas keinginan Ratu Sirikit, Vimanmek mulai dijadikan museum untuk mengenang King Rama V.

Pengunjung yang datang ngga boleh asal masuk ke dalam bangunan Vimanmek, harus antri, karena tour keliling Vimanmek harus didampingi tour guide. Seperti biasa....dilarang memotret di dalam istana...cuma boleh dari luar aja. Di sini gue kenalan sama turis lain, Diane dari Philippine, dan kita bedua kerja sama dalam urusan potret - memotret.




Puas menjelajah di komplek Dusit Palace, waktunya gue keluar karena masih banyak tempat yang harus gue kunjungi hari ini. Pas gue lagi di depan gerbang, tiba - tiba ada taxi berenti di depan gue, dan si sopir nanya arah menuju Vimanmek Mansion. Sesaat gue kaget...gimana bisa, sopir taxi malah nanya arah ke turis non lokal ? Vimanmek gitu lhoo...yang notabene salah satu tujuan wisata utama di kota Bangkok. Gue kasih tau ke Pak Sopir. Trus, 2 turis bule keluar dari tuh taxi, dan nanya lebih lanjut gimana cara ke Vimanmek. Dan dengan senang hati gue jelasin kalo Vimanmek tuh ada di dalam komplek Dusit Palace yang ada di hadapan gue...Jadi, gue sarankan, terlebih kalo dia udah beli tiket Grand Palace, supaya masuk dan lihat National Assembly dulu, lalu Abhisek, terakhir ke Vimanmek deh ! Gratisszzz kalo pake tiket dari Grand Palace.

Abis itu gue melanjutkan perjalanan pulang. Walopun gue udah bisa ngebayangin jauhnya jalan balik yang harus gue tempuh untuk ke Thewet Pier, tapi rasa happy dan puas menghapus cape dan lapar gue sejenak. Thanks Jesus..finally, Vimanmek Mansion search is accomplished.

3 comments :

Anonymous said...

Trop cool!!!
J'espere q'on va aller backpacking ensemble un jour!

Lany-

Cherry Sitanggang said...

Mon Dieu...!

Gue pikir ada francais yg mo ngajakin gue bekpekeran jalan Lan :P

Jangankan bekpekeran bareng jeng...ketemu loe aja udah syukur...taun baru gue semangat ke rumah tulang bintaro gue pikir bakal ketemu loe...tenyata eh ternyata dirimu absen...

Anonymous said...

hahaha.. njoeh..

j'etait malade bok, avec mon mari pulak... mencri2...

kapan2 dong jalan bareng...

-lany