I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Sunday, June 17, 2018

Curug Cipamingkis Yang Eksotis

15 Juni 2018

Lebaran hari pertama, gue dan Ony memilih kabur dari Jakarta dan 'bersilahturahmi' dengan alam....Caellaahh ! Targetnya masih sama, the one and only, Jonggol. Pokoknya sebelum gue bosan ke sini dan puas mengeksplorasi keindahan alamnya, meskipun jauhnya kebangetan, gue akan kembali ke sini lagi....ke sini lagi...

Perjalanan kali ini agak spontan dan ngga direncanakan, jadilah gue dan Ony berangkat agak siang dari rumah, sekitar jam 9 pagi. Tujuan pastinya pun belum jelas - jelas amat. Begitu tiba di Jonggol city, gue dan Ony mampir dulu di warung bakso untuk mengisi perut. Lapar ? Sebenarnya belum. Tapi mengingat pengalaman biasanya, dimana mencari tempat makan di sini susah, terlebih pas hari Lebaran kayak gini, dan sepanjang perjalanan mulai dari Mekarsari, Cileungsi, sampai memasuki Jonggol, warung makan yang buka cuma warung bakso dan mie ayam doang, gue dan Ony memutuskan untuk makan bakso sebagai sarapan sekaligus makan siang.

Kelar ngebakso, berikutnya gue menuju Heaven Memorial Park (HMP) atau disebut juga Taman Makam Quiling. Gue khan senang mengunjungi makam, dan HMP ini menurut gue keren banget...luasnya 125 hektar dengan pemandangan berupa gunung, lereng, sungai, dan hutan.

Tujuan berikutnya sebenarnya pengen langsung ke Curug Cipamingkis, tapi gue dan Ony malah mengambil arah menjauh, yaitu ke arah Cianjur. Ketika tiba di Puncak Hutan Pinus yang nampak seperti lokasi peristirahatan sejenak karena di kiri kanan jalan terdapat banyak warung - warung kopi dan pusat oleh - oleh, gue berhenti sejenak di situ. Ony mau istirahat sambil menikmati secangkir kopi. Meskipun namanya 'Puncak Hutan Pinus' tapi akses menuju hutan pinusnya sendiri sudah ditutup untuk umum. Kalau kata salah satu pemilik warung dan tukang parkir, dulunya area itu emang dibuka untuk pengunjung, tapi sekarang tidak.

Dari Puncak Hutan Pinus, gue dan Ony mengambil arah balik ke Cariu, karena kita pengen ke Curug Cipamingkis. Alhasil tiba di curug udah menjelang sore, sekitar jam 15:00. Oya, sebelumnya gue cerita mengenai perjalanan gue ke Curug Ciherang. Mengenai rute perjalanan, Curug Cipamingkis ini berdekatan dengan Curug Ciherang, begitu tiba di sebuah pertigaan, ambil arah ke kiri untuk ke Curug Cipamingkis. Sebelum tiba di Curug Cipamingkis pengunjung akan melalui sebuah wahana wisata bernama Villa Khayangan Sukamakmur (di sebelah kiri) terlebih dahulu.

Setelah membeli karcis masuk berikut parkir, gue pun memasuki kawasan curug. Selain Curug Cipamingkisnya sendiri, area ini menyediakan wahana wisata lainnya, misalnya penginapan, camping ground, kolam renang, spot foto ala - ala, dan rumah pohon. Gue dan Ony langsung menuju curug, yang bisa ditempuh tanpa harus berlelah-lelah trekking. Curugnya keren....ada 1 sumber air terjun setinggi sekitar 20 meter. Di sekitarnya terdapat bebatuan besar. Curugnya ngga terlalu luas, dengan debit air lumayan deras. Di sekelilingnya berupa tebing dan pepohonan hijau, secara keseluruhan curugnya indah dan eksotis. Yang lebih menyenangkan lagi, area tepat di bawah air terjun, kedalamannya cuma setinggi dada orang dewasa. Jadi sangat aman dan menyenangkan banget buat mandi dan main air di sini. Trus gue nyebur ? Ngga sih....meskipun di situ juga disediakan tempat ganti/kamar mandi, tapi sore itu gue ingin menikmati kesejukan udara dan segarnya air Curug Cipamingkis dengan main-main air cantik dan merendam kaki aja.

Puas di curug, gue dan Ony melangkah menuju rumah pohon. Untuk rumah pohonnya, pengelola curug mungkin terinsipirasi oleh keindahan rumah pohon di Curug Ciherang. Bentuknya sama, warna cat pada jembatan kayunya pun sama persis.Tapi favorit gue tetap rumah pohon Curug Ciherang, karena bentuk, lokasi dan pemandangan sekelilingnya bikin kesan sedikit magis.

Karena hari udah semakin sore, gue dan Ony meninggalkan lokasi. Overall, curug Cipamingkis mungkin salah satu favorit gue, dan bisa jadi suatu saat pengen balik lagi ke sini buat nyebur dan mandi sampai puas.