I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Friday, June 19, 2009

Museum Fatahillah Tour

Hari Rabu (17 Juni) kemaren gue ke kantor Imigrasi Jakbar di Jl. Poskota. Berhubung masih jam makan siang, gue pun nunggu dengan singgah di Museum Sejarah Jakarta, yang buat gue lebih familiar dengan sebutan Museum Fatahillah.

Tiket masuknya murah meriah : Rp. 2,000,- aja. Dan gue super excited begitu memasuki ruangan demi ruangan di dalam museum. Gue emang udah lama berniat ke museum ini. Beberapa tahun yang lalu pernah datang ke sini, sayangnya udah tutup.

Walopun kondisinya udah tua, tapi menurut gue museum ini beserta koleksi yang ada di dalamnya dalam keadaan terawat. Dan yang bikin gue suka, koleksi benda yang dipamerkan di museum ini banyak dan beragam banget. Favorit gue furnitur - furnitur jati, patung Hermes, dan tentu saja, si Jagur.

Museum Sejarah Jakarta nan megah tampak dari luar

Si Jagur yang jadi ikonnya museum. Di bagian atasnya ada tulisan "Ex me ipsa renata sum" yang berarti "saya lahir dari diri sendiri", dan angka Latin "X+V+I=XVI", maksudnya 16 meriam kecil dilebur menjadi si Jagur ini

Hermes, dewa kerumunan orang, perdagangan, penemuan baru, dan atlet, serta pelindung para pejalan kaki

Salah satu dari sekian banyak prasasti yang disimpan di museum. Prasasti Kebun Kopi, dengan 2 telapak gajah, yang disamakan dengan telapak gajah Airawata (gajahnya Dewa Wisnu)

VOC Lion

Tempat tidur jumbo dari kayu jati bergaya Empire

Tadinya gue pikir ini pojok kantin, ternyata kios kecil ini koleksi museum juga

Sing it...!
"Saya mau tamasya berkeliling-keliling kota, hendak melihat-lihat keramaian yang ada. Saya panggilkan becak, kereta tak berkuda. Becak ! Becak ! Coba bawa saya..."

Next song :
Abang tukang bakso, mari mari sini...Aku mau beli Abang tukang bakso, cepatlah kemari...sudah tak tahan lagi

Maket Klenteng Cilincing, klenteng tertua di Jakarta

Maket Gereja Kerk, yang sekarang menjadi Museum Wayang

Bangku dalam ukuran normal dan mini

I'm a big big girl, in front of a big big painting

Furnitur kamar tempoe doeloe

View dari dalam museum ke arah Kantor Pos

No comments :