I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Monday, April 05, 2010

01 April 2010 - Kuala Lumpur....lagi (??!)

Hari ini gue bangun extra pagi...hari keberangkatan ke Kuala Lumpur.

Tiketnya gue beli dari tahun lalu, cuma karna iseng doang, abis harganya super murah : Rp. 175 ribu...total Rp. 215 ribu termasuk tiket Skybus pulang pergi. Ternyata ini iseng yang bermanfaat, karna bertepatan sama libur panjang, gue bisa kabur selama 4 hari ke Kuala Lumpur.

Kali ini gue pengen sedikit memanjakan diri, dengan melakukan persiapan sematang mungkin. Untuk penginapan di Kuala Lumpur, gue bahkan pake onlen booking segala via hostelbookers. Gue pilih My Travel Hub yang ada di 15A-17A, Jalan Panggong, masih di sekitar Jalan Petaling, karna liat review pelanggan hostelbookers yang kebanyakan puas dengan hostel ini. Harganya pun terjangkau : cuma RM 25 untuk A/C mix dorm room.

Awalnya gue pengen nyari penginapan di kawasan Bukit Bintang, tapi ternyata pilihan gue jatuh ke Petaling Street lagi. Entah deh....April 2009, tepat setahun yang lalu, pas pertama kali datang ke Kuala Lumpur, tepatnya ke kawasan Petaling ini, rasanya berkesan banget. Bukan karna senengnya, tapi banyakan merananya. Dapat hostel yang super kecil...fasilitas kamar yang pas - pasan....suasana gaduh dan berisik di sekitar hostel...dll. Sejak itu, kalo ada yang nanya ke gue Kuala Lumpur itu kayak apa, gue bakal jawab : Semrawut, kayak Jakarta. Kayaknya gue lebih terdorong untuk memperbaiki 'kesalahan' gue dalam mempersiapkan perjalanan, dan berusaha menghapus kenangan buruk gue akan Kuala Lumpur ini.

Pagi ini gue naek Damri pertama : jam 04.00. Perjalanan lancar, dan lebih asyiknya lagi, tiba di bandara Soeta gue gak perlu cape - cape antri check in di counternya Airasia. Pas gue mo antri, gue nanya sama stafnya, apakah gue berdiri di antrian yang tepat, karna saat itu Airasia buka counter untuk beberapa tujuan. Si staff yang baek hati ini malah nanya, gue punya bagasi ato gak, trus gue bilang 'ngga' dan ngasih liat backpack gue. Dia minta passport dan tiket gue, dan pergi ke mesin check in online Airasia yang ada di dekat situ. Dalam beberapa menit, dia balik lagi, menyerahkan passport dan bukti check in ke gue, dan meminta gue ngebayar airport tax. Beres...tanpa perlu antri panjang. Abis itu gue ke counter bebas fiskal, dan gak perlu antri panjang juga. Justru di luar prediksi, gue malah harus antri panjang dan lama banget di imigrasi.

Selesai urusan imigrasi, gue langsung stand by di ruang boarding....duduk santai sambil nonton tipi, nunggu panggilan memasuki pesawat. Panggilan pun datang, dan gue masuk ke pesawat yang siap membawa gue melarikan diri dari kesuntukan di Jakarta menuju Kuala Lumpur.

Perjalanan selama 2 jam gue lalui dengan tidur. Ini cara yang paling tepat, karna nanti begitu tiba di Kuala Lumpur, gue berniat akan langsung ke Petaling Street nyari My Travel Hub, trus lanjut mengeksplor Kuala Lumpur. So, gue harus simpan energi untuk itu.

Tiba di KLIA gue langsung ke platform Skybus yang bakal nganterin gue sampai ke KL Sentral. Perjalanan sekitar 1 jam lebih dan kali ini ngga bisa tidur. Di pikiran gue melayang segala hal yang pengen gue lakukan di KL ini. Tiba di KL Sentral, gue naek kereta dari stasiun KL Sentral ke stasiun Pasar Seni. Dari Stasiun Pasar Seni, pencarian My Travel Hub pun dimulai. Ternyata ngga terlalu jauh...menurut gue lokasi My Travel Hub ini cukup strategis. Deket ke Puduraya, deket ke Stasiun Pasar Seni, tapi ngga kena pengaruh berisiknya suasana China Town.

Kedatangan gue disambut oleh Kuku dan bokapnya dengan hangat. Begitu ngeliat senyum tulus mereka, gue langsung punya feeling kalo gue bakal enjoy di tempat itu. Apalagi gue liat sekilas hostelnya bersih dan nyaman. Gue diantar ke kamar berisi 13 ranjang. Wuiiihhh...sebagian besar ranjangnya udah disprei, artinya udah berpenghuni. Seru nih ! Kamar bersih, AC normal...I couldn't ask for more ! Setelah naruh barang - barang di loker, gue mandi. Dan pas gue balik ke kamar, udah ada penghuni cewe baru datang, namanya Ciu dari Korea Selatan. Bagus deh...gue jadi lebih tenang, paling gak di kamar itu gue bukan cewe satu - satunya.

Penghuni kamar semua lagi pada keluar, kecuali Nash, turis Macedonia yang langsung semangat ngajak ngobrol. Dia bilang susah nyebut dan inget nama gue. Gue bilang, inget aja ama buah cherry. Dengan polosnya dia malah bilang kalo dia gak tau kalo ada buah bernama cherry. Ga papa deh...gue juga ngga tau di mana Macedonia itu...

Ga lama kemudian gue meninggalkan My Travel Hub untuk memulai petualangan di Kuala Lumpur. Hhmmm...ada yang aneh...rasanya ada yang kurang. Berbeda dengan kisah - kisah bekpekeran gue biasanya, kali ini gue ngga ngerasa ada geregetan khas yang biasanya menyerang gue mulai dari pesawat siap - siap landing. Tepatnya perasaan dag dig dug dwoorr dan sedikit takut (sedikit ??) dengan tempat baru yang gue singgahi. Mungkin karena ini kedatangan gue yang kedua kali ke sini. Ato mungkin karna inilah nikmatnya berbekpeker...walopun kedatangan pertama gue kemari super singkat - kurang dari dua hari - tapi saat itu gue berusaha sekuat hati dan tenaga untuk berpetualang di sini. Jadi sekarang, walopun udah berlalu tepat setahun, gue masih merasa mengenal baek tempat ini.

Tujuan gue kali ini ke kawasan Lake Garden. Kayaknya banyak tempat yang bisa gue lihat di sana, salah satunya KL Bird Park. Selain itu, untuk menuju ke sana gue bisa mampir ke Merdeka Square dan Sultan Abdul Samad Building. Kedua tempat ini udah gue kunjungi setahun yang lalu. Masih inget rasanya waktu itu, kepanasan, kelaparan plus haus, cape, duit pas - pasan, sedih karna gak ada yang bisa dimintain tolong buat motret...gado - gado deh ! Dan kali ini gue datang lagi ke sini dengan kondisi sangat berbeda.

Berikutnya gue Muzium Tekstil Negara. Gue termasuk penggemar museum, so gue bakal sangat enjoy berkeliling di dalam museum. Apalagi museum yang ini gratis dan bangunannya keliatannya masih baru. Selain buat liat - liat isinya, gue juga bisa berteduh sementara dari panasnya udara KL saat ini.

Kayaknya gue satu - satunya pengunjung museum saat ini. Di museum ini pengunjung diberbolehkan memotret, tapi gak boleh pake blitz...padahal setting lampu di dalam museum dibikin remang - remang gitu. So, I pretend not to know the rule...lagian dengan kamera pocket gue yang alakadar ini, gimana bisa gue motret di tempat gelap tanpa blitz siyy...Harap maklum, please....

Setelah liat - liat sebentar, perjalanan gue lanjutkan lagi mendekat ke Lake Garden. Ngeliat posisinya di peta, awalnya gue udah siap jiwa raga kalo harus berjalan kaki super jauh ke sana. Tapi begitu dijalanin, ternyata capenya berlipat - lipat, jauh di atas perkiraan. Jauh amat....mungkin kalo non bekpeker bakal lebih milih naek taxi ke kawasan sini. Berhubung gue bekpeker gembel, gue cuma bisa mengandalkan kedua kaki gue.

Di area Lake Garden ini ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Ada KL Bird Park, National Planetarium, Butterfly Park, Orchid Garden, Mousedeer Park, Tun Abdul Razak Memorial, dan lain sebagainya. Perhentian pertama gue adalah di Bird Park. Gue penasaran dengan tempat ini, karna menjadi salah satu kebanggaan pariwisatanya Kuala Lumpur. Tiket masuknya RM 42...awalnya gue ragu - ragu buat beli, kemahalan. Cuma, karena telanjur udah jalan kaki sejauh itu, dengan berat hati gue beli juga. Tapi ternyata di dalamnya asyik juga sih. Taman raksasa yang isinya berbagai jenis burung, yang sebagian bahkan terbang dan bergerak bebas di luar kandang.

Di Bird Park ini juga ada beberapa aktivitas yang bisa diikutin pengunjung pada jam - jam tertentu. Karena gue tiba di sana udah sore, yang bisa gue lihat cuma Bird Show dan Milky Stock Feeding. Lumayan menghibur sih buat gue. Paling ngga tingkah burung - burungnya yang lucu dan cerdas bisa bikin gue ketawa ngakak.

Selain itu gue bisa foto bersama burung, dengan membayar RM 8. Gue boleh pilih 2 jenis burung, dan dengan mantap langsung gue pilih burung hantu dan burung kakatua. Gue pilih burung hantu karena itu adalah maskotnya Ony, dan burung kakatua karna warnanya yang ngejreng abis. Dibandingkan postur badan gue sebenernya kedua burung ini jauh lebih mini, tapi selama difoto justru gue yang ngerasa ketakutan. Abis moncongnya runcing - runcing banget.....sementara posisi mereka paling cuma sejengkal dari muka gue.

Setelah lumayan puas berkeliling Bird Park, gue pun meninggalkan lokasi. Waktu gue singkat, dan masih banyak tempat yang harus gue kunjungin. Tujuan gue berikutnya yang terdekat sama Bird Park, adalah Tun Abdul Razak Memorial. Masuknya gratis, tapi ngga banyak hal menarik yang bisa gue lihat disini. Semuanya tentang Tun Abdul Razak pastinya. Mulai dari foto - foto, sampe ke copy surat nikahnya pun ada di sini (penting ngga ?). Walopun disini dilarang memotret, gue ngga ngerasa rugi - rugi amat....karena bingung juga mo motret apaan.

Tepat di belakang bangunan Tun Abdul Razak Memorial, gue tinggal nurunin anak tangga yang bejibun, tibalah gue di Lake Garden yang sebenernya. Gilaa....teduh dan nyaman banget disini...semacam hutan/taman kota yang maha luas, dengan sebuah danau di tengah. Gak banyak orang beredar di situ...kebanyakan yang ada malah di sini buat jogging. Sepi. Berarti gue gak bisa berharap ada orang yang bantuin gue buat motret.

Di sini gue ketemu Mousedeer Park. Cuma, karena udah sepi dan mulai gelap, gue ngga masuk terlalu dalam.

Ujan rintik mulai turun. Dan gue mulai panik. Gelap dan ujan di tengah hutan kayak gitu bikin gue ketakutan. Gue langsung ambil arah pulang. Pake acara nyasar segala... Gue nyadar nyasar karna gue malah ketemu Islamic Art Museum, yang tadi ngga gue jumpai dalam perjalanan ke sini. Pasrah aja...walopun kaki udah pegel bukan main. Akhirnya sampai juga gue di jalan utama tepat di sebelah National Mosque yang megah banget....lega deh. Dengan jari - jari kaki yang udah kesakitan, gue berjalan cepat untuk kembali ke Petaling.

Tiba di hostel, gue langsung mandi. Kaos yang gue pake nyaris basah keringetan. Kelar mandi gue internetan sebentar. Enaknya di My Travel Hub ini, tamu boleh pake fasilitas internet gratis, tanpa batas waktu. Tapi harus tau diri dan toleran sama tamu lain yang mo pake juga. Abis itu gue istirahat di kasur sambil baca novel. Kali ini novel yang gue bawa adalah The Witch of Portobellonya Paulo Coelho. Gak beberapa lama kemudian penghuni kamar yang lain pun masuk ke kamar. Ada Ciu yang hari ini jalan - jalan ke arah KLCC, Andang yang kayaknya ke Bukit Bintang, dan Nash
. Dia bilang dia cuma berjalan tanpa tujuan, dan begitu dia cape dia balik ke hostel.

Beginilah nikmatnya tinggal di hostel, terlebih di dorm room. Walopun datang sendirian, tapi tetap bisa berbagi cerita dengan banyak orang sesama penghuni kamar.

Gak beberapa lama membaca novel, gue pun siap tidur. Aaaaahhhhh.....nikmatnya bobo di dorm room kayak begini....kondisi gue udah bener - bener siap buat tidur...kaki udah pegel bukan maen...kasur nyaman....AC nyaman....suara - suara berisik penghuni kamar yang lain...I love this experience. Ngga lupa sambil dengerin musik pengantar tidur melalui mp3. Selalu ada theme song untuk setiap perjalanan bekpekeran gue...kali ini lagunya Ingrid Michaelson...

"
Oh, let's get rich and buy our parents homes in the South of France
let's get rich and give everybody nice sweaters

and teach them how to dance

let's get rich and build our house on a mountain

making everybody look like ants

from way up there, you and I, you and I "



5 comments :

Polaris said...

halo cherry, maaf kalo salah, kita pernah ketemu di museum di melaka awal april kemaren. krn lagi seaching ttg tiger temple, ku nemu blog ini.

aji
a_jiwidys@yahoo.co.id
Multiply : jasmine2008.multiply.com

Cherry Sitanggang said...

Ini Mbak Aji yang udah berbaek hati bantuin saya motret waktu di Stadhuys kah ? hohoho...kok bisa kebetulan ketemu di sini yah??

ada rencana ke tiger temple mba?

Polaris said...

iya nih aku jg ga nyangka ketemu lagi.

mau nya gitu sih.. tapi blm tau kapan... he..

Cherry Sitanggang said...

Saya liat Mba lagi di KL Sentral, waktu di bus Airasia. Cuma mba gak jadi ikut karna bus full.

Gak telat kan waktu itu mba ? pake muaacceett bgt di Sepang pula...

Knapa tertarik buat ke Tiger Temple Mba ?

Polaris said...

iya.. kami ga jadi naek bis, abis full, terus nunggu bis lain nya, iya di sepang macet. kami ke lcct titip barang trus ke sepang liat f1..

ke tiger temple kayaknya keren tuh, ketemu tiger, agak menakutkan tapi pengen.. semoga keadaan bangkok cepet baik dan tabunganku cukup ke thailand hehehhe...

mbak cherry mau jalan - jalan kemana lagi..?