I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Friday, November 11, 2016

Singgah Sejenak Di Danau Bonen


 5 November 2016

Sepulang dari Curug Rahong, gue dan Ony ngga langsung kembali ke Depok, melainkan sedikit melanjutkan perjalanan, yaitu mencari lokasi Danau Bonen yang lokasinya masih di Cigudeg. Gue mendengar informasi mengenai danau ini dari salah satu warga yang tadi membantu gue dan Ony ketika kesasar mencari Curug Rahong. 

Lokasinya ngga terlalu jauh kok, dan gampang banget dicari, karena posisi area tambangnya di pinggir jalan utama. Tapi 'aman'nya, berada di kawasan ini memang harus rajin - rajin bertanya ke warga sekitar. Itu pun kalau beruntung bertemu seseorang yang bisa ditanya, mengingat kawasannya sepi banget.

Tiba di Danau Bonen, gue melihat beberapa warga lokal sedang asyik memancing ikan. Beberapa bocah bahkan berenang di sekitar tepi danau. Selain itu ada juga beberapa pekerja tambang yang sedang mengeruk lahan di tepi danau menggunakan excavator. Sepertinya danau ini masih aktif sebagai lokasi tambang.

Danau Bonen tampak lumayan keren, dengan airnya yang tenang dan terlihat hijau, dan tentunya dikeliling oleh tebing - tebing bekas tambang yang cakep dan hits! Dan karena areanya sangat luas, jadi bikin penasaran untuk 'lihat-lihat' dan melangkah lebih dalam memasuki sudut lain dari area tambang ini. Tapi, karena pengalaman di Danau Jayamix kemarin gue jadi super waspada, karena gue dikeliling oleh tebing - tebing yang mungkin rawan longsor. 

 


Wisata danau - danau bekas area tambang di Parung seperti ini sebenarnya bitter sweet moment....Di satu sisi kedua mata gue dimanjakan dengan pemandangan yang indah yang jarang gue temui. Namun di sisi lain ada perasaan 'takjub' sekaligus prihatin, membayangkan gunung - gunung yang tadinya menjulang kemudian dikikis, dikeruk, dan digali habis - habisan, hingga meninggalkan lubang raksasa yang kini menjadi danau.   Ironis ya...ada keindahan yang muncul setelah eksploitasi dan kerusakan masif akibat kegiatan tambang. 

Setelah beberapa saat di sana, gue dan Ony pun mengambil langkah pulang...siap berjuang kembali dengan jalan rusak, berlubang, dan debu tebal.

No comments :