I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Tuesday, October 22, 2019

Perjalanan Seru Menuju Kinabalu

Rasanya pengalaman saya terbang bersama AirAsia sudah tak terhitung. Maklum, ini adalah tahun ke-10 saya menjadi pelanggan sekaligus penggemar AirAsia. Begitu banyak pengalaman seru dan menyenangkan yang saya rasakan selama melakukan perjalanan dengan AirAsia. Namun salah satu kenangan bahagia bersama AirAsia saya sekaligus yang paling unik dan seru mungkin saat perjalanan saya ke Kota Kinabalu tahun 2012 yang lalu.

Ketika itu saya hendak melakukan trip singkat setelah memutuskan meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya. Keberangkatan dari Jakarta dijadwalkan tanggal 25 Oktober 2012, di malam hari, yaitu jam 19:20 waktu Indonesia, dengan nomor penerbangan AK 6713, dan akan tiba di Kota Kinabalu jam 23:00 waktu setempat. Beberapa saat menjelang pesawat AirAsia yang saya tumpangi mendarat di Kota Kinabalu International Airport, terdengar pengumuman dari ruang pilot bahwa pesawat tidak bisa mendarat karena kendala teknis (listrik) di airport setempat. Pendaratan akan dialihkan ke kota Miri. Saya belum pernah menginjakkan kaki di Miri, jadi mendengar bahwa saya akan 'mampir' di sini cukup bikin deg-degan sekaligus excited

Tiba di Miri Airport, saya melihat begitu banyak penumpang lainnya yang ternyata adalah penumpang-penumpang (dari maskapai lainnya) tujuan Kinabalu dan terdampak kondisi yang sama. Saat itu saya hanya pasrah menunggu berita selanjutnya dari pihak AirAsia. Baru kali ini hal seperti ini terjadi pada saya, yang saat itu traveling sendirian bermodal sebuah ransel, namun herannya tidak merasa panik. Saat itu saya melihat para kru AirAsia yang sangat proaktif memberikan update, menjawab pertanyaan penumpang sampai membagikan snack. Jadi, kecuali mata yang sudah mengantuk dan kangen kasur, kendala saat itu tidaklah terlalu mengganggu saya.

Informasi berikutnya yang saya dengar adalah seluruh penumpang akan diterbangkan ke kota Kuching agar mendapatkan penginapan yang bisa mengakomodir seluruh penumpang. Wow...seru sekali ini ! Dalam semalam saya sudah nyaris mampir di 3 kota di Malaysia yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya.

Penumpang pun kembali ke dalam pesawat yang kali ini terbang menuju Kuching. Kebetulan saat itu saya tidak memiliki bagasi, sehingga proses 'keluar-masuk' pesawat terasa ringan.

Tiba di Kuching International Airport menjelang tengah malam, barisan kru AirAsia menyambut kedatangan seluruh penumpang dengan senyum tulus nan ramah, seraya menyampaikan maaf atas kendala yang terjadi, dan mengarahkan penumpang menuju bus yang terparkir tepat di pintu utama kedatangan. Bus yang mengantarkan saya ke Hotel Grand Continental Kuching, sangatlah nyaman.

Tiba di hotel, setiap penumpang diarahkan untuk melakukan check-in dan menerima kunci kamar masing - masing. Kru AirAsia mengawal proses ini mulai dari antrian sampai dengan meja reservasi sehingga proses berjalan dengan sangat lancar.

Malam ini adalah salah satu perjalanan paling seru yang saya rasakan. Sejujurnya, sejak awal saya merencanakan untuk tidur di Kota Kinabalu International Airport mengingat waktu ketibaan yang cukup larut malam. Siapa yang menduga saya malah mendapat 'rejeki' menginap di hotel berbintang malam itu. Semua fasilitas disediakan oleh AirAsia gratis.

Keesokan paginya saya menyempatkan menikmati sarapan yang disediakan hotel sebelum memulai perjalanan melihat-lihat kota Kuching dalam waktu singkat dengan berjalan kaki. Menjelang tengah hari saya kembali ke hotel dan langsung menuju meja resepsionis dimana informasi mengenai keberangkatan menuju Kinabalu sudah tersedia. Pihak AirAsia telah menyiapkan bus untuk memberangkatkan seluruh penumpang menuju Kuching International Airport. Lagi-lagi saya menyaksikan segenap kru AirAsia bekerja dan berkoordinasi secara profesional dalam mengatur keberangkatan bus menuju airport.

Di airport, penumpang masih harus menunggu beberapa saat sampai tiba jadwal keberangkatan pesawat AirAsia tujuan Kinabalu. Pihak AirAsia tak berhenti memberikan perhatian kepada seluruh penumpang dengan membagikan makan siang.

Akhirnya saya pun duduk di dalam pesawat AirAsia, yang kali ini akan mengantarkan saya menuju Kinabalu. Malam itu pesawat tiba dan mendarat dengan mulus di Kota Kinabalu International Airport.

Sungguh luar biasa perjalanan saya kali ini. Perjalanan yang awalnya singkat, namun menjadi seru karena harus melalui rute berliku. Ini adalah salah satu momen bahagia bersama AirAsia yang pernah saya rasakan.  Meskipun trip ini dihiasi dengan kendala teknis, namun saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak AirAsia yang begitu peduli dan cepat tanggap untuk mengakomodir kebutuhan penumpang dan berusaha semaksimal mungkin memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang terjaga. Terima kasih AirAsia!