I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Saturday, January 25, 2020

Ipoh Trip 2020 : Kek Lok Tong Cave Temple dan Zen Garden


2 Januari 2020

Sepulang dari Kellie's Castle gue teringat sama cerita Pak Sopir Grab mengenai gua - gua (cave) yang sekaligus menjadi temple yang banyak terdapat di Ipoh. Gue menanyakan ke Pak Sopir ongkos untuk mengantarkan gue dan Ony ke gua yang paling beliau rekomendasikan. Dengan mantap Pak Sopir menawarkan harga RM 30 dan berjanji akan mengantarkan ke Kek Lok Tong Cave Temple yang berada di kawasan Gunung Rapat. 

Kalo gitu, total tarif perjalanan gue menjadi RM 100. Dengan nilai tukar RM = Rp. 3,500, sama dengan total IDR 350,000, gue dan Ony sudah bisa menikmati 2 tempat wisata andalan Ipoh dalam 1 hari ini. Worthed lah, mengingat ngga ada transportasi umum yang bisa gue andalkan di Ipoh ini.

Untuk menuju temple ini, perjalanannya agak berliku. Dari jalan utama, Jalan Gopeng, memasuki perumahan modern, kemudian tiba - tiba nampak sebuah bukit kapur. Begitu tiba di area parkir Kek Lok Tong, gue amazed, karena ternyata kondisi guanya sudah sangat modern, terawat, dan indah. Lantai gua sudah menggunakan marmer. Di dalam temple, terdapat banyak patung dewa, yang seluruhnya dibangun dan dihias dengan sangat modern juga. Fasilitas dan penerangan di dalam gua sangat memadai, jadi bikin gue lupa sedang berada di dalam gua. 

 

Kesan yang paling utama berada di sini, nyaman dan peaceful banget. Memasuki bagian dalam gua, lalu melewati tangga yang ngga terlalu tinggi, ada semacam ruang lagi di mana terdapat beberapa patung dewa berukuran sangat besar, dari sini gue bisa melihat teduh dan hijaunya Zen Garden. 

Untuk menuju Zen Garden, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga lagi, dan langsung disuguhi pemandangan indah, dengan sebuah kolam luas di bagian tengah, yang biasanya mungkin dipenuhi dengan teratai raksasa, tapi sore itu tampak kosong tanpa teratai. Selain itu, Zen Garden juga dipercantik dengan patung 18 Louhan, yaitu pengikut Buddha yang telah mencapai kondisi nirwana dan terbebas dari keinginan duniawi.


Sebenarnya asyik dan nyaman banget berlama - lama di Zen Garden ini. Namun sayangnya badan gue udah mulai kecapean dan terasa ngga enak. Gue pengen banget menyusuri seluruh bagian kebun, tapi apa daya gue cuma sanggup berjalan - jalan sekitar kolam. 

Gue kembali masuk ke dalam gua. Sebelum pulang, dengan sedikit tenaga tersisa, gue pengen melihat - lihat di 'lantai 2' gua berupa formasi stalaktit yang indah banget di bagian dinding dan langit - langitnya. Setelah puas melihat - lihat dan berfoto di sini, gue dan Ony mulai meninggalkan temple.  

 

Pak Sopir yang baik hati mengantarkan gue dan Ony kembali ke Pi Hotel.

No comments :