I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Tuesday, July 07, 2009

Wisata Sehat di Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita

Selasa, 07-07-2009 09:52:51 oleh: Cherry Sitanggang
Kanal: Wisata

Sabtu pagi saya sibuk menimbang–nimbang, ke mana harus menghabiskan hari libur kali ini. Kali ini saya ingin mencari alternatif liburan yang pas untuk melepaskan lelah fisik dan pikiran akibat kejenuhan kerja sepanjang minggu. Pertimbangan berikutnya, saya harus menghindari kota Jakarta sejenak, mengingat hari itu adalah hari terakhir kampanye Capres. Sejak pagi sudah terlihat bus – bus besar tim kampanye memenuhi jalan, pasti Jakarta akan sangat padat dan macet hari itu, pikir saya.

Maka saya memutuskan untuk pergi ke Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita di kawasan Ciseeng, Bogor, tepatnya sekitar 4 km dari terminal Parung, menuju arah Gunung Sindur. Tiba di lokasi lepas jam makan siang, pengunjung yang ada di sana tidaklah terlalu banyak. Padahal tempat wisata ini sudah banyak berubah sejak terakhir saya mengunjunginya beberapa tahun yang lalu. Pihak pengelola sudah menambahkan banyak wahana–wahana baru yang menarik seperti High Rope (semacam Flying Fox), Bola Air, Fun Kart, area outbound, dan lain sebagainya.

Memasuki area Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita, saya segera berkeliling. Setelah itu saya mulai menaiki bukit kapur, mencapai puncaknya, dan diam di sana beberapa lama, menikmati pemandangan indah yang bisa saya lihat dari ketinggian. Hamparan sawah, pepohonan yang hijau dan rindang…sangat pas untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari semrawutnya kota Jakarta.

Lelah menjelajahi bukit kapur, saya pun menuruni bukit. Sebenarnya saya bermaksud menikmati wahana High Rope, namun sayangnya wahana tersebut selesai beroperasi pukul 15.30. Akhirnya saya langsung menuju tempat pemandian air panas. Di sini selama kurang lebih 20 menit saya berendam di dalam bath up air panas yang ada di ruangan berukuran sekitar 4 x 4 meter. Rasanya sangat rileks. Selain itu mandi air panas belerang ini juga kaya manfaat, khususnya bagi kesehatan kulit.

Selesai berendam dan membersihkan diri, saya pun bersiap–siap meninggalkan Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita. Ketika berada di area parkir, dari kejauhan saya melihat beberapa orang menaiki sebuah bukit tepat berseberangan dengan Tirta Sanita. Menurut cerita yang saya peroleh dari penjaga parkir, sekelompok orang itu hendak ke “Gunung Item (Hitam)”. Ternyata kebanyakan warga setempat menamakan bukit kapur yang ada di dalam Taman Wisata Tirta Sanita dengan sebutan Gunung Putih, sementara yang ada di seberang disebut Gunung Item. Karena rasa penasaran, saya mengurungkan niat saya untuk segera mengambil arah pulang.

Dengan semangat, saya berjalan ke arah Gunung Item. Saat mulai menyusuri jalan menanjak untuk menaiki gunung, beberapa warga setempat meminta ‘sumbangan’ sebesar Rp. 2,000,- per orang bagi siapa pun yang ingin memasuki area Gunung Item. Area Gunung Item ini masih liar, belum ada yang mengelola seperti layaknya Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita. Padahal di area ini juga terdapat beberapa kolam pemandian air belerang yang menurut warga setempat justru lebih alami dibandingkan yang ada di dalam Tirta Sanita. Oleh warga setempat yang menyadari potensi area Gunung Item sebagai tempat pemandian air panas, pengunjung yang ingin mandi di situ dikenakan biaya Rp. 5,000,- Namun area itu belum memiliki fasilitas apapun, masih sepi dan belum terjamah. Hanya ada beberapa pondok sederhana yang ada di sekitar kolam. Saya mengerti jika tak banyak orang mengetahui keberadaan Gunung Item ini. Karena dengan ketinggian hanya sekitar 20 meter, dan tertutupi oleh pohon rindang dan semak–semak berukuran tinggi, kehadirannya tidak terlihat oleh pengunjung yang datang ke Taman Wisata Tirta Sanita.

Saat gelap mulai menyelimuti kawasan Ciseeng, saya pun meniggalkan lokasi. Liburan kali ini rasanya lebih dari cukup untuk menghilangkan lelah fisik dan pikiran yang saya rasakan akibat rutinitas. Dan yang lebih menarik, menghabiskan waktu di Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita ini tidak menguras biaya besar. Berikut beberapa informasi harga yang sempat saya peroleh :