I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Sunday, February 14, 2010

07 Feb 2010 - Evening City Tour

Pulang dari Wat Arun, kayaknya gue sama Sari udah bener - bener kecapean dan ngga tahan lagi sama panasnya kota Bangkok saat itu. Apalagi kita belum sempet makan siang, jadi kelaparan juga. Kita berdua pun memutuskan untuk balik ke Khaosan Road. Sari sakit perut, dan gue butuh istirahat sejenak, dan cari money changer buat nukar dollar. Sebenernya gue berharap hari itu bisa ke Vimanmek Mansion. Tapi batal, karena selain udah sore, gue juga harus pelajarin peta dulu supaya bisa kira - kira gimana cara terbaik menuju ke sana. Kalo menurut peta, lokasinya emang udah jauh dari Khaosan Road.

Waktu di Wat Arun gue sempet nanya sama penjual barang di sana. Dia bilang kalo mau ke Vinmanek Mansion lebih baek naek taxi, mungkin ongkosnya sekitar 100 bath paling mahal. Dia juga wanti - wanti jangan naek tuktuk, karena bisa - bisa sopirnya masang tarif 200 bath. Duhh...gue jadi ragu...kenapa harus pake taxi segala. Berat di ongkos dong...

Setelah tukar duit di money changer gue mampir ke 7 Holder...gue mo istirahat. Di saat mata gue udah berat dan bentar lagi siap tertidur tiba - tiba gue dikagetkan sama suara pintu dibanting. Sialan banget nih hostel....kok tamunya ngga ngerti yang namanya toleransi ya...Kenapa buka tutup pintu musti dibanting-banting kayak gitu. Kesel. Karena udah ngga bisa tidur, gue keluar hostel lagi. Kali ini mo jalan kaki keliling Khaosan dan sekitarnya.

Lokasi pertama yang gue kunjungi National Museum Bangkok yang ada di seberang Sanam Luang. Sebenernya gue paling males untuk ngelewati Sanam Luang ini. Sanam Luang tuh kayak lapangan terbuka yang sangat luas. Ngeliat lokasinya yang ada di tengah, antara Grand Palace dan bangunan - bangunan penting lainnya, seharusnya nih Sanam Luang punya posisi penting. Tapi kalo lewat situ kesannya malah tuh lapangan jorok dan bau. Biasanya lapangan ini dijadikan tempat warga lokal buka lapak, baek berjualan, lapak ramalan, bisnis ngasih makan burung dara, ato sekedar kongkow - kongkow. Yang bikin ngga nahan, bau pesing menyengat yang harus gue rasain tiap lewat Sanam Luang ini.

National Museum Bangkok

Kelar dari National Museum Bangkok, gue nyari Democracy Monument. Herannya, pas gue berusaha nyari dengan ngikutin petunjuk peta, susah banget nemu monumen ini dan lokasi - lokasi lainnya yang pengen gue liat. Ampe beberapa kali nyasar. Tapi begitu gue pasrah aja jalan dan cuek mo nyasar kemana aja, malah ketemu dengan mudahnya, walopun kaki gue harus jalan cukup jauh dari Khaosan menuju lokasi - lokasi yang ada di sekitar Ratchadamnoen Klang Avenue ini.

Democracy Monument

Wat Mahannapharam Worawiharn

Wat Ratchanatdaram

Mahakan Fort

Wat Sa Ket & Golden Mountain

On top of the Golden Mountain

Setelah puas jalan - jalan, ditambah lagi hari udah mulai makin gelap, gue balik lagi ke hostel. Hari ini lumayan banyak tempat yang udah gue kunjungi di sekitar Khaosan Road ini. Begitu tiba di Khaosan Road gue mampir di beberapa tour agent, gue pengen nanya - nanya paket 1 day tour yang murah meriah. Rencana gue ke Ayutthaya harus tetep dijalankan, tapi gue masih bingung untuk ke sana.

Menurut informasi yang gue peroleh sebenernya ke sana bisa dengan naek kereta dari Hua Lampong Station, tapi nanti kalo udah tiba di Ayutthaya, transportasinya bakal repot, ato bahkan mahal. Karena pilihannya : naek sepeda, sewa minibus, ato sewa tuk - tuk. Aduh, pilihan sulit semua tuh. Bahkan sebenernya gue aja masih bingung gimana bisa mencapai Hua Lampong Station.

Gue pun survey harga - harga paket tour Ayutthaya yang ternyata berkisar antara 400 - 500 bath. Tapi gue belum bisa memutuskan sekarang. Walopun naek kereta itu merepotkan, tapi sebenernya gue prefer jalan itu. Salah satu yang menginspirasi gue buat ke Ayutthaya khan karna nonton acara Backpacker nya TVone, waktu Yulika ke sana, dengan naek sepeda !! Jagoan banget sih tuh orang...walopun gue juga ngga boleh terlalu yakin kalo dia emang bener - bener ngegembel selama syuting Backpacker...waktu di Singapore gue aja jadi tau dari Tony nya Betelbox kalo hostnya Ransel & Koper ternyata ngga bener - bener nginep di hostel itu.

Selesai survey, gue balik ke 7 Holder...entah kenapa gue belum bisa ngerasa nyaman tinggal disini, apalagi ke kamar gue itu. Mungkin sebenernya gue belum merasa nyaman dengan Bangkok. Sejak gue tiba di sini kayaknya naluri bekpeker gue mendadak lenyap....kayak orang yang merasa ada di tempat yang salah, dan pengen segera kabur dari situ.

Gue pun mampir sebentar ke warnet hostel, dan yang ngga gue sangka akan pernah gue lakukan adalah membuka website AirAsia untuk nyari tiket pulang ke Jakarta. Ketidaknyamanan ini bikin gue kangen Jakarta. Ngga ada tiket balik ke Jakarta yang affordable. Gue pun naek ke lantai 4, mandi, dan balik ke kamar gue. Gue cuma bisa berdoa ke Yesus supaya gue bisa menikmati perjalanan gue kali ini, apapun kendala dan kekurangannya. Pasti ngga seburuk yang gue pikirkan. Amin

No comments :