I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Sunday, February 14, 2010

06 Feb 2010 - Bekpeker wannabe goes to Bangkok

Awal tahun lalu gue maen ke Mangga Dua. Waktu itu gue abis pulang dari Glodok, dan iseng - iseng mampir ke Mangga Dua buat nyari kaos oblong murah meriah buat persiapan bekpekeran ke Singapore. Ngga lama nyari, gue dapat kaos murah cuma seharga Rp. 20,000,-, warna ijo dengan tulisan "Bangkok". Saat itu gue becanda dan bilang, semoga itu sebuah pertanda cepat ato lambat gue akan ke Bangkok.

Dan akhirnya jalan buat ke Bangkok pun terbuka. Tahun kemaren gue dapat tiket murah dari AirAsia, cuma Rp. 325,000 buat pulang-pergi Jakarta - Bangkok - Jakarta. Gue sengaja cari jadwal penerbangan di awal tahun, Februari 2010. Karena gue pengen trip ke Bangkok ini jadi hadiah ulang tahun gue yang jatuh di bulan Januari.

Hari yang gue tunggu - tunggu pun tiba, hari keberangkatan gue ke Bangkok. Setelah memastikan semua barang bawaan gue lengkap, gue berangkat ke terminal Pasar Minggu buat
naek Damri ke Airport Soeta. Kali ini gue ngga mau kejadian Ho Chi Minh yang lalu terulang, jadi walopun flight gue masih lama, lebih baik gue nunggu di airport.

Di airport Soeta gue ampe mati gaya gara-gara bosen bukan maen nungguin waktu boarding. Begitu gue tiba di airport, kebetulan gue udah boleh langsung check in, dan abis itu langsung ke loket bebas fiskal. Jadi, gue emang cuma nungguin waktunya pemeriksaan imigrasi sama boarding. Gue sempet beli burger dulu di AW, terus keliling-keliling bolak-balik terminal 2.

Akhirnya boarding...dan gak lama kemudian gue udah di dalam pesawat AirAsia QZ 7716 yang bakal menerbangkan gue ke Bangkok Thailand.

Persiapan gue untuk di dalam pesawat lumayan komplit. Ada novel, cemilan, permen...karena gue tau perjalanan Jakarta - Bangkok bakal memakan waktu lumayan lama : 3.5 jam.
Untuk tidur pun susah, selain karena posisi duduk yang kurang strategis, juga karena hati gue udah mulai dag dig dug mikirin apa yang bakal gue hadapi nanti di Bangkok. Apalagi hari udah mulai malem, semoga ngga bikin gue kesulitan cari jalan nanti.

Pesawat pun mendarat di Suvarnabhumi Airport, Bangkok, dengan mulus. Selesai pemeriksaan imigrasi gue langsung menuju pintu keluar untuk mencari bus buat ngantar gue ke Khaosan Road. Ternyata ngga susah, tepat di depan pintu keluar ada booth kecil penjualan tiket bus seharga 150 bath. Gue sempet nunggu beberapa saat, sempet ke WC buat sedikit bersih-bersih, sempet ke Family Mart buat beli air mineral, sempet nyari - nyari peta Bangkok di dalam airport, dan sempet bengong di ruang tunggu bus.

Bus datang, petualangan Bangkok gue pun dimulai. Untungnya Khaosan Road adalah perhentian terakhir bus ini, jadi gue bisa duduk tenang. Perjalanan airport - Khaosan
Road memakan waktu sekitar 1.5 jam. Tiba di Khaosan Road udah cukup malam, dan gue pun mulai panik. OMG...selama ini gue tau kalo Khaosan Road itu centra backpacker di Bangkok, tapi gue ngga tau kalo suasananya bakal serame, padat, dan hingar bingar kayak gitu. Pencarian hostel pun dimulai. Dari Jakarta gue udah nyiapin informasi lumayan lengkap mengenai hostel disini. Tapi ternyata pencarian gue berakhir agak mengecewakan, karna kayaknya informasi yang gue dapat dari internet itu udah ngga update. Gue nyoba nyari hostel yang nyediain dorm room. Selain untuk menghemat budget, gue lebih seneng dengan tipe dorm ini karena sensasi bekpekernya lebih kerasa. Tapi ternyata sepanjang pencarian, gue ngga nemu. Gue sempet keluar masuk beberapa hostel, ternyata harganya ngga sesuai dengan prediksi.

Hari makin malem, gue makin cape dan ngantuk. Lebih cape lagi karena sepanjang jalan tuh padat sama turis dan penjual beragam macam barang, jadi jalan pun cuma bisa pelan-pelan. Pencarian gue berakhir di ujung jalan Khaosan Road, di 7 Holder Guest House. Sebenernya saat ini single room full, yang ada double room with fan. Tapi berhubung harganya paling reasonable, 250 bath per malem, gue pun tertarik buat liat kamarnya. Tuh kamar nomor 408 adanya di lantai 4, dengan kasur ukuran buat berdua, dan kipas angin gede. Baru buka pintu kamar aja gue udah ngerasa pengapnya udara kamar. Keadaan di lantai 4 itu pun sebenernya bikin gue males tinggal di sana : gelap, sepi, dengan WC yang bener - bener alakadar. Tapi karena gue udah terlalu cape malam ini, gue pun memutuskan check in aja. Kayaknya akan sia-sia kalo gue masih memaksakan diri buat nyari hostel lain malam ini, karna hari itu weekend, so pasti itu puncak padatnya Khaosan Road.

Abis meletakkan barang - barang gue di kamar, gue pun langsung mandi. Waktu gue mo mandi, Son ato Soi...entah siapa namanya, yang kerja di 7 Holder datang ke arah gue, dan dengan ramah menanyakan asal gue. Indonesia, jawab gue. Setelah itu dia ngomong dalam bahasa Inggris yang susah gue ngerti, dan gue cuma senyam-senyum mencoba bersikap ramah juga, walopun ngga ngerti dia ngemeng apaan. Trus, dia bilang, "I'm 42 years old....bla..bla..bla..." dan tiba-tiba dia langsung ambil posisi di lantai, dengan kedua kaki mendarat di tembok, dan melakukan gerakan push up. OMG...apa - apaan ini....?!! Baru beberapa jam gue tiba di Bangkok gue udah ketemu sama orang aneh...Gue cuma bisa bengong, speechless...dan perlahan-lahan ambil langkah menuju WC.

Abis mandi, dengan langkah seribu gue langsung ke kamar, supaya ngga membuka kesempatan si Sonsoi whatever itu memulai pembicaraan lagi. Abis itu gue berlari lagi meninggalkan kamar menuju tangga turun. Tadinya gue mau
tiduran sebentar buat melepas lelah, tapi tiba - tiba cape gue lenyap berganti ngeri buat stay di kamar gue malam itu...so gue pun bermaksud menyusuri Khaosan Road...sapa tau nemu hostel yang lebih layak.

Sejak di Jakarta gue udah janjian sama bekpeker yang gue kenal di milis Indobackpacker (IBP) untuk ketemuan. Dia udah mendarat di Khaosan Road ini beberapa hari sebelum gue, dan tinggal di Marco Polo Hostel di gang Suzie. Gue ngirim sms ke dia untuk ketemuan. Tapi ngga dibales. Gue pun datang ke Marco Polo, tapi gue bingung karna sampe di sana gue kesulitan berkomunikasi
sama resepsionis hostel. Akhirnya, setelah gue jalan - jalan bentar di sekitar Khaosan Road, gue pun balik ke 7 Holder. Hmmm...kayaknya gue masih terlalu kaget dengan Khaosan Road ini, dan sendirian bikin gue makin merasa ngga nyaman. Gue pengen banget nyari temen malem ini. Karena ngga dibales, gue pun telepon anak IBP itu. Diangkat...katanya dia sakit, dan lagi istirahat di kamar hostelnya.

Sejujurnya gue kecewa dengan sikap bekpeker kayak gitu. Kalo pun dia sakit, apa salahnya sih dia jawab sms gue ? Bukannya itu udah kesepakatan sejak di Jakarta ?! Padahal dia yang bikin gue harus geser - geser jadwal gue, karena dia yang mau besok, hari Minggu, untuk ke Ayutthaya. Dasar bekpeker gadungan...omongannya ngga bisa dipegang...udah gitu, ngga punya solidaritas sesama bekpeker, terlebih lagi di negeri orang kayak gini. Cuma, gue inget waktu di Jakarta dia bilang kalo ada anak IBP lainnya yang juga lagi di Khaosan Road, jadi dengan hati sebel gue pun ke Marco Polo untuk ketemu si bekpeker gadungan itu, berharap besok gue bisa jalan bareng anak IBP yang dia maksud.

Gue ngga lama di Marco Polo, tapi gue udah titip pesan sama si bekpeker gadungan, kalo gue besok akan ke Grand Palace dan sekitarnya. So, kalo temennya itu berminat bareng, gue akan ke Marco Polo jam 07.30 pagi besok. Rencana besok yang seharusnya ke Ayutthaya harus berubah karena si bekpeker gadungan bakal istirahat seharian di hostel.

Gue balik ke hostel. Begitu sampe di lantai 4, gue liat si Sonsoi sontoloyo udah tidur di dipan depan WC. Sial...nih orang ngga punya kamar sendiri apa ?!! Gue langsung masuk kamar. Di kamar gue binun ngatur posisi tidur...karena gue takut kalo tidur ditemani kipas angin sepanjang malam, bakal bikin gue masuk angin. Tapi kalo kipas ngga dinyalain, gue dijamin bakal pingsan karna kepanasan. So, gue pun ambil posisi kasur di pojok, pake selimut, pake kaos kaki, 1 bantal buat di kepala gue, 1 bantal lagi buat nutupin perut gue. Inilah cara bertahan gue supaya ngga masuk angin.

Huaaaahhhhh....ngantuk dan cape...dengan pikiran yang agak kacau balau. Ini bener - bener Bangkok dangerous, pikir gue. Dan belum apa - apa banyak hal di luar prediksi yang terjadi. Pokoknya malam ini gue harus istirahat dulu, dan berharap semoga besok gue udah mulai merasa nyaman.