I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Monday, February 15, 2010

08 Feb 2010 - 1 Day Ayutthaya Tour

Hari ini gue bangun pagi. Kalo lagi bekpekeran gue emang rajin bangun pagi, karena gue ngga mo kehilangan waktu buat nyari lokasi - lokasi yang pengen gue kunjungi. Semalem tidur gue diganggu lagi...seperti biasa, tamu yang laen pulang sekitar jam 02.00 subuh, buka tutup pintu dengan gaduhnya, mandi dengan berisiknya, dan yang terparah lagi, gue denger seorang bule cowo asik ngobrol sepanjang subuh sama di Soison Sontoloyo....ngobrol ngga dilarang, tapi volume suaranya itu lhoo...kok bisa - bisanya ngga nyadar kalo itu bakal mengganggu tamu lain yang lagi bobo, yaitu GUE !!

Selama pengalaman tinggal di hostel/guest house ada hal penting yang gue pelajari : toleransi. Bahwa gue harus menghormati tamu - tamu lainnya, salah satu caranya dengan ngejaga ketenangan. Di sini gue belajar hal baru lagi : bahwa tinggal di dalam hostel murahan ngga boleh nuntut fasilitas mewah kayak di hotel mahal : rasa tenang. Jadi, harus bisa tahan banting menghadapi segala macem perilaku tamu lainnya. Baeklah...gue ikutin aturan maen disini. Pas gue bangun jam 05.00, gue keluar kamar, dan dengan sengaja dan kesadaran penuh, gue banting pintu kamar gue sekencang - kencangnya. Gue yakin, sengantuk - ngantuknya, ato semabuk apapun tamu yang ada di lantai gue, pasti akan kaget setengah mampus dan terbangun dari tidurnya. Begitulah seterusnya, tiap gue keluar masuk kamar, pintu harus gue banting dengan kencang. Puas.

Hari ini gue baru nyadar kalo gue meninggalkan 1 celana pendek jeans di Jakarta. Gawat...itu berarti gue cuma punya 1 celana sebetis, dan 1 celana pendek yang seharusnya buat tidur. Gue belum bisa ngebayangin gimana harus tinggal di Bangkok yang panas ini dengan 2 celana doang. Kayaknya kali ini gue bakal bener - bener jadi bekpeker gembel...baju seadanya...duit minimalis...modal nekad sama peta doang.

Sebelum jam 07.00 gue meninggalkan hostel. Di jalan, gue ngeliat Mama Tour Agent dipenuhi beberapa turis. Gue pun tergoda mampir, karena kayaknya gue berminat ambil paket tour aja. Ternyata rombongan yang sedang nunggu di Mama Tour pagi ini adalah tujuan Ayutthaya. Gue nanya ke pemiliknya apakah masih ada seat tersisa buat gue, ternyata ada. Jadi gue pun bergabung dengan tour dan membayar 500 bath.

Perjalanan ditempuh dengan minibus selama kurang lebih 2 jam. Perhentian pertama adalah Wat Pukhao Tong, yang artinya Golden Mount. Temple ini berdiri sejak 1569, dengan chedi bergaya Burmese. Yang unik dari temple - temple di Ayutthaya ini adalah prang - prangnya yang terbuat dari semacam bata merah. Di Wat Pukhao Tong ini, kayaknya pengunjung harus ekstra berhati - hati dalam melangkah, karena banyak kotoran hewan (anjing, sapi) dimana - mana...waspadalah..waspadalahh !!

Ada kebetulan yang unik lagi terjadi di hari ini. Dalam 1 group tour gue ada turis cewe asal Cina yang punya nama Cina Qixin, dan nama Inggrisnya Cherry juga. Lebih kebetulan lagi, hari ultahnya dia aja sama ama gue. Di Singapore gue ketemu sama Cherry Filipina dan di sini ada Cherry Cina. Unbelievable. Waktu nunggu di Khaosan Road gue udah ngobrol dikit sama dia, dan tiba - tiba begitu sampe di Wat Pukhao Tong dia bilang kalo gue mau dipotret, dia akan bantu. OMG....1 kekhawatiran gue lenyap. Yesus langsung ngejawab doa gue...salah satu yang bikin gue suntuk berbekpeker sendirian di Bangkok ini karena begitu banyak view keren dan gue takut bakal susah berpotret ria karena ngga punya partner. Dan sekarang...ada orang yang dengan sukarela menawarkan bantuannya, bahkan sebelum gue minta.

Wat Pukhao Tong yang megah

Tinggi dan curam...lumayan buat fitness di pagi hari

Favorit gue : laughing Buddha...minimal bikin gue tersenyum ngeliatnya

Lokasi kedua adalah Wat Thammikarat. Yang menarik buat gue, wat ini beda dengan wat - wat lainnya, karena bangunannya berupa pilar - pilar tinggi menjulang, terbuat dari bata merah juga. Di sini gue ketemu Reclining Buddha lagi. Dan yang unik, di sini banyak patung ayam jago, kayak coklat kesukaan gue jaman SD dulu, Coklat Ayam Jago.

Patung kepala Buddha raksasa

Megah

Kukurruyuuuuukkkk.... !!!

Reclining Buddha

Next destination, Wat Lokaya Sutha. Hhhmmm...jadi haru biru begitu tiba di sini , pas ngeliat patung Reclining Buddha (lagi) sepanjang 42 meter. Abisnya beberapa waktu yang lalu nonton acara Backpackernya TVOne, pas Yulika, hostnya, datang ke sini. Waktu itu walopun cuma ngeliat melalui layar TV tapi takjub amat...Bessaarrrrr......Ehhh, finally, gue bisa nyusul Yulika buat liat langsung patung ini. Hikzz...jadi terharu nih...

Dreamcometrue day.... inspired by Backpacker TV show

Reruntuhan prang di belakang Riclining Buddha

Lokasi berikutnya adalah ke Wat Maha That. Akhirnya bisa ngeliat dan foto di salah satu iconnya Ayutthaya, kepala Buddha di pohon Bodhi. Fotonya pernah gue liat di majalah National Geographic. Aturan untuk motretnya, boleh deket - deket ke pohon, tapi harus jongkok, ngga boleh berdiri, untuk menghormati patung Buddhanya.

Background keren...kostum gembel abieeszz !

Banyak patung Buddha tanpa kepala

Selesai dari Wat Maha That, group tour berangkat ke Ayutthaya Elephant Palace buat makan siang. OMG...mimpikah ini ?? elephant ? gajah ? Hari apa ini....kok gue bisa seberuntung ini ?! Beberapa impian gue langsung terwujud di hari yang sama. Impian bekpekeran ke Way Kambas kayaknya sedikit terbayar dengan berkunjung ke Ayutthata Elephant Palace ini.

Gue pun buru - buru menyelesaikan makan siang. Selain karena gue ngga ngerti menu apaan aja yang gue makan, gue juga udah ngga sabar untuk berkeliling lagi. Di lokasi yang sama ada beberapa wat, dan tentu saja, Elephant Palace.

Gue ama Cherry Cina pun ke Phra Mongkhon Bophit. Begitu masuk, langsung disambut dengan patung perunggu Buddha raksasa berukuran 9.55 x 12.45 meter, dalam posisi Subduing Mara.

Bessaaaarrr khann .... ?!

Setelah puas berkeliling di Phra Mongkhon Bophit, gue dan Cherry C lanjut ke Wat Phrasisanpeth.

Two Cherries in Wat Phrasisanpeth

Target berikutnya, adalah...eng..ing..enggg...Ayutthaya Elephant Palace !! Di sini gue langsung bayar 40 bath buat foto - foto sama baby elephant. Bisa juga kasih makan gajah - gajah dewasanya dengan bayar 8 bath per keranjang jagung. Pengunjung juga boleh ikutan elephant tracking, tapi gue ngga ikutan yang ini karena waktunya sempit.

Walopun ngga ikutan tracking tapi gue puas bisa ngeliatin gajah dari jarak deket...bisa ngasih makan secara langsung, bisa membelai gajah dan ngerasain rambutnya yang tajam kayak sapu lidi...finally, I meet my big buddies here !!

When krezi bekpeker meet her idol...happy moment !

Gajah banci kamera nih...doyan bergaya !

Me and my dear big buddy

Lunch time, everyone !!

Elephant Palace ini adalah tujuan terakhir, jadi setelah itu group tour pun kembali ke Khaosan Road. Sepanjang perjalanan pulang, senyum gue mengembang. Jarang - jarang gue bisa bengong dalam perjalanan jauh sambil senyam - senyum...pasti sopir di sebelah bakal mikir kalo gue sinting. Gue seneng dan puas banget dengan tour hari ini, sangat menikmati.

Begitu tiba di Khaosan Road, gue ngga langsung balik ke hostel. Gue ikut sama Cherry C nyobain naek kapal menyusuri Chao Phraya. Kita naek dari Chang Pier dan turun di Satorn Pier. Ongkos naek kapal jurusan Nonthanburi - Ratsingkhorn jauh - deket 13 bath. Turun di Satorn Pier langsung ke Saphan Taksin station buat naek BTS (Bangkok Mass Transit System). Gue harus bayar 25 bath untuk tujuan Sala Daeng Station.

@ Sala Daeng BTS Station

Sunset @ Payab pier

Di Sala Daeng Station gue pisah sama Cherry C. Gue balik ke Satorn Pier. Kali ini gue naek kapal lagi, tapi sengaja bablas sampe Payab Pier. Tadinya gue mo mentok sampe Nonthanburi, tapi karena kapal cuma ada ampe jam 7 malem, gue takut kehabisan kapal pulang. Gue naek kapal balik ke Chang Pier. Abis itu jalan kaki lagi ke Khaosan Road, tentunya ngelewatin Sanam Luang yang bau pesing lagi.

Seharusnya gue ngerasa cape dan lapar, mengingat padatnya kegiatan gue hari ini. Tapi ngga tuh, justru gue happy. Selain karna tur yang menyenangkan, hari ini gue juga udah mulai belajar transportasinya Bangkok, kapal dan BTS. Berarti hari - hari berikutnya petualangan gue bakal lebih seru, karena gue udah bisa mengandalkan transportasi umum yang ada...bukan cuma ngandalin transportasi pribadi gue : kedua kaki yang dekil dan malang.

Hari ini gue ngga ngerasain beban berat kayak kemarin. Hari ini gue menemukan lagi jiwa dan semangat bekpeker gue yang kayaknya sempet ngilang. Hari ini gue disadarkan lagi kalo gue ngga pernah sendirian, Yesus selalu menyertai gue, ngga perlu khawatir, ngga perlu takut . Mulai hari ini gue siap berpetualang di Bangkok lagi. Thanks, Jesus !