I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Sunday, May 02, 2010

02 April 2010 - Jalan Jalan Guest House

Sama seperti persiapan gue untuk Kuala Lumpur, rencana Malaka ini juga gue persiapkan dengan lumayan matang. Untuk urusan hostel juga udah gue booking sebelum keberangkatan. Awalnya gue mau booking via Hostelbookers juga, dan gue menemukan beberapa hostel yang kayaknya menarik untuk dicoba, setelah liat - liat review hostelers yang pernah nginap di sana. Tapi herannya, hampir semua hostel di Malaka, ngga menyediakan AC di dorm roomnya, cuma kipas angin. Gawat tuh...udah bobonya kolektip, gak pake AC pula, panas dong...

Karena gak puas sama info di Hostelbookers, gue nyoba cari - cari homepagenya masing - masing hostel inceran gue. Dan gue cuma bisa menemukan homepage milik Jalan Jalan Guest House. Gue langsung ngirim email, nanyain soal mix dorm room with AC. Email gue langsung dijawab Sam, staffnya, yang bilang bahwa Jalan Jalan punya mix dorm room with AC, ratenya RM 18, sementara mix dorm room with fan ratenya RM 14. Akhirnya gue booking langsung melalui email : mix dorm room w/ fan untuk tanggal 2 April dan mix dorm room with AC untuk 3 April. Menurut Sam, untuk tanggal 2 April mix dorm room AC sedang full.

Jalan Jalan Guest House letaknya di 8 Jalan Tukang Emas, gak jauh dari Jonker Street. Waktu gue berusaha nyari lokasinya, gue sempet kelewatan...mungkin karna udah mulai gelap dan kondisi gue udah sangat amat cape. Tapi mungkin yang bikin gue susah mengenali lokasinya karena guest house - guest house yang ada di Malaka ini tampilannya ala rumah tinggal banget.

Setelah gue perhatiin beberapa guest house yang ada di sekitar Jonker Street, para pemilik guest house justru menjual kesederhanaan baik interior maupun exterior rumah - rumah yang masih bergaya tempo dulu dan terbilang antik ini. Jadi, kebanyakan guest house justru sengaja membiarkan lantai tanpa ubin, tembok semen tanpa dicat, lampu alakadar remang - remang....reception room cuma berupa teras tempat tamu duduk - duduk...biasanya di tempat yang sama juga diparkir beberapa sepeda onthel yang disewakan. Pokoknya sederhana banget deh..

Kedatangan gue di Jalan Jalan disambut Sam, yang menurut gue mirip sama Stephen Chow versi muda. Sam ramah banget, dan asyiknya, komunikasi sama Sam cukup dengan bahasa Indonesia, walopun kadang repot karena ada kata - kata gue yang dia kurang ngerti, begitu juga sebaliknya.

Setelah urusan check in kelar, Sam langsung menjinjing ransel gue dan mengantar gue menuju mix dorm room fan yang ada di lantai atas. Begitu tiba di depan kamar, mulut gue hampir menganga karna takjub. Kamarnya unik...ngga ada pintunya, terdiri dari 10 tempat tidur sederhana....dilengkapi dengan 8 kipas angin berdiri....Kamarnya sederhana banget...Hati gue sedikit panik tapi excited di saat yang bersamaan. Panik karna selama pengalaman gue loncat dari satu hostel ke hostel lainnya ini adalah kamar yang paling....buruk ? bukan, bukan buruk...karena semuanya rapi dan bersih...tapi, semuanya super sederhana. Gue pilih kasur yang posisinya agak di tengah. Masing - masing penghuni kamar dapat 1 loker kecil.

Gue segera membereskan barang - barang gue. Setelah beberapa menit mendarat di kamar darurat ini akhirnya gue menemukan apa yang menjadi ketakutan gue : this room is mosquitos' heaven. Gue yakin banget...karena kamarnya tak berpintu, sementara jendela yang ada harus selalu dibuka supaya udara di dalam kamar gak terlalu sumpek. Tapi mungkin karena naluri bekpeker yang menggebu - gebu, gue malah jadi makin excited. Seru nih !!

Yang lebih 'dahsyat' di Jalan Jalan, bahkan televisi pun gak ada...bagus tuh, karena ada kesan sepi dan tenang jadinya. Yang tersedia hanyalah 1 unit komputer lengkap sama internetnya, dan setiap tamu mendapat fasilitas 30 menit internetan. Kalo kelebihan ada chargenya, tapi uangnya cukup dimasukkin ke kotak kecil di sebelah internet. Harus jujur nich...!! Kayaknya para tamu dibikin kayak pemilik rumah aja...semuanya berdasarkan rasa percaya aja. Sampe - sampe dikasih kunci gembok pintu depan segala. Katanya Sam biasanya pintu depan udah ditutup jam 10 malam. Jadi, gak boleh lupa bawa kunci kalo mo keluyuran melewati jam malam.

Gue mau mandi. Dan yang unik lagi dari Jalan Jalan ini, cuma ada satu kamar mandi dan satu toilet, untuk semua penghuni kamar. Tapi gue gak terlalu khawatir soal itu, karena yakin gue bakal jadi penghuni hostel yang bangun paling pagi setiap harinya.

Selesai mandi gue ke ruang tamu buat minta air panas ke Sam....buat Pop Mie. Abis makan Pop Mie, gue siap - siap untuk keluar lagi. Tujuan kali ini : Jonker Street !!

Hhhmmm...gak ada lagi yang gue khawatirkan....gue udah check in di Jalan Jalan Guest House. Feeling gue bilang kalo tempat ini menyenangkan dan bakal jadi tempat yang berkesan buat gue. Nice guest house means happy traveler.

it's not genie in the bottle...it's tips in the bottle !! Only in Jalan Jalan Guest House

4 comments :

Rani said...

hai..salam kenal
nama gue rani
dan skt pertengahan th depan bsk gw mau k malaka
Yg gue mau tanya adalah.. wkt nginep di mix dorm @jalan2 hostel itu..... mix brarti bisa saja cowo n cewe bercampur jd satu di sebuah dorm?? trus di situ ada female dormnya ga?? tenkyu

Cherry Sitanggang said...

Hai...salam kenal, Ran :)

Kalo di Jalan - Jalan gak ada female dorm..untuk dormnya cuma dibedain : AC dan FAN only :P

met traveling !

delta perdana said...

Saya baru saja dari tempatnya Sam. Bareng 10 teman. Dan langsung book 3 kamar dan 1 dorm. Dorm yang aku sewa ada di guest house yang baru (beberapa blok dari main guest house). Kalo dorm yang baru udah ada AC dan pintu. Tapi dorm yang lama masih serba terbuka.

Saya gak masalah dengan dorm mix. Mungkin kalau kita udah berjalan ala kere (backpack), ya beginilah. tapi seru.

Sam orangnya ramah dan rapi banget. Hobinya senyum dan ngobrol. Dan dia masih muda dan enerjik.

Konsep keterbukaan dan serasa rumah sendiri emang menarik. Ada sepeda yang bisa disewa. cukup RM 5 selama menginap. hebatnya, kita tak perlu memberi uang kepada Sam, cukup memasukkan uang ke dalam box, ambil kuncinya sendiri dan pergi. Jadi Sam bener2 mempercayai tamunya.

Selain itu ada Kimi, teman Sam, penjaga hostel. Bahasa inggrisnya agak belepotan, tetapi dia ramah juga.

Cherry Sitanggang said...

Hi Delta,

Wah, tnyata Jalan-Jalan punya guest house baru tohh ? Salah satu yg bikin JJGH istimewa emang si Sam yang ramah n helpful itu..selain gust housenya dia yang oldish n nyentrik bgt itu..Cuma, next time kalo ke Melaka lg sy harus coba tuh kamar berAC dan berpintu itu ah *masih terbayang-bayang galaknya nyamuk" Melaka di malam hari :P*

Thanks for sharing ya :)