I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Wednesday, May 05, 2010

03 April 2010 : Museum Roadshow

Sebelum ke Dataran Pahlawan Megamall, gue mampir dulu di Melaka Tourist Information Centre yang ada di Rumah Media Melaka. Di sana gue ngambilin brosur wisata Melaka sebanyak - banyaknya. Sayangnya staff yang lagi bertugas ngga terlalu pintar ngasih informasinya. Misalnya pas gue nanya dimana letak Rumahku Muziumku dia malah jawab, "Harus naik bus dari sini." Bus apa ? "Saya kurang paham." Lhaaa....??

Setelah puas 'merampok' brosur - brosur wisata Melaka, perjalanan dilanjut ke Dataran Pahlawan Megamall, buat sarapan sekaligus makan siang ubi keledek (keledek apaan sih ??). Ga bisa berlama - lama di sana, banyak lokasi harus dijelajahi. Kayaknya jadwal hari ini adalah Museum Roadshow...karena gue akan keluar masuk museum - museum yang ada di sekitar Standhuys.

Di mulai dari Muzium Seni Bina Malaysia alias Architecture Museum of Malaysia. Asyiknya untuk masuk ke museum gue gak perlu bayar tiket masuk. Di dalamnya gue bisa liat - liat model rumah - rumah, dan bangunan - bangunan penting di seluruh Malaysia. Gawat nih...dengan ngeliat versi mininya begini bisa membangkitkan rasa pengen tau dan lama - lama penasaran pengen liat langsung. Be careful what you wish for, myself...

Begitu puas ngeliat isi museum, gue pun keluar. Staff museum minta gue untuk isi buku tamu. Begitu gue mendekat ke mejanya, gue liat si Ibu staff ternyata lagi merajut. Wuiiihhh....langsung excited deh gue....Dan ngobrolin soal rajut - merajut sama si Ibu Staff. Trus gue bilang, "Ini topi yang saya pakai juga hasil rajutan saya sendiri...". "Oh..boleh saya tengok ?" kata si Ibu Staff. Gue copot topi dan kasih liat ke Ibu Staff. "Masih kurang rapi sambungan benangnya, karena saya masih belajar", kata gue. Pembicaraan pun jadi berlanjut soal benang...kinlon...minilon...dan seterusnya.

Pengennya gue tinggal beberapa saat di situ untuk ngeliat Ibu Staff merajut, tapi gue sadar sesuatu. Cherry yang datang ke Melaka sejak kemarin adalah Cherry si bekpeker gembel yang agak tomboy, doyan jalan alias panjang kaki, nekat dan cuek. Sedangkan Cherry yang belakangan ini lagi sok tekun belajar merajut kayak Miss Marple, dan mulai doyan ngoleksi beberapa jenis dan warna benang rajutan, anggap aja cuma alter ego. So, ini waktunya Cherry perajut untuk duduk diam di pojok.

Perhentian berikutnya : Musium Setem Melaka alias Melaka Stamp Museum. Untuk masuk ke sini harus bayar RM 1, dan seperti biasa pengunjungnya cuma gue seorang. Kayaknya wisatawan yang datang ke Melaka ngga berminat buat keluar masuk museum. Koleksi yang bisa diliat di sini, pastinya berbagai macam perangko dari bermacam era. Selain buat liat - liat perangko, di sini gue juga bisa sekalian berteduh...Alamaaakkk, di luar sana panas banget !!

Berikutnya gue menuju Muzium UMNO Negeri Melaka. UMNO, singkatan dari United Malays National Organization, adalah partai politik terbesar di Malaysia. Unik juga nih museum, karena isinya semua foto - foto dan dokumen - dokumen politik yang berhubungan dengan sejarah dan perkembangan UMNO di Malaysia.

Next, Muzium Rakyat, Kecantikan dan Layang - Layang. Hhhmm...urusan Kecantikan juga harus dimasukkin dalam museum yah ? tapi bagus juga sih isinya, gimana masyarakat dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia menafsirkan kata 'cantik' dan apa usaha mereka untuk tampak 'cantik'... ada yang dengan tatto, piercing, susuk, dll....beberapa foto ampe bikin gue ngeri.

Di Muzium Layang - Layang, gue bisa liat berbagai model dan bentuk Layang - Layang dari berbagai negara. Layang - Layang memang bukan bidang dan hobi gue, tapi cukup mengembalikan kenangan gue maen layang - layang bareng Pardo dan Riko (my lovely brothers)...layang - layang kampung doang, tapi seingat gue cukup menantang, saat gue maenin waktu SD dulu. Tapi kalo gue inget - inget lagi, kayaknya kedua abang gue ini jaman dulu cuma memperalat gue doang deh...Kalo angin lagi stabil, ngga ada musuh di langit yang bisa ditantang, mereka bakal nyuruh gue pegang kendali. "Tarik...ulur...tarik...ulur..., gitu aja, Cei. Kalo loe liat ada layangan lain, panggil gue ya." begitu petunjuknya. Tapi gue kayaknya happy banget dibolehin pegang gulungan benang layang - layang yang lagi berkibar - kibar di udara. Giliran keadaan di langit sana udah mulai menantang, gulungan benang diambil alih, gue cuma jadi jongos yang disuruh ngegulung benang. Tapi kalo kebetulan mereka berdua mau makan ato ke WC, ato sekedar berteduh sejenak dari panasnya sinar matahari, gulungan benang dioper lagi ke gue...yang akan dengan senang hati menerima, seakan - akan mendapat tugas penting aja. Sounds unfair....

Sebenarnya banyak hal yang bisa diliat di museum ini, cuma sayangnya AC nya saat itu mati, jadi cuma pake kipas angin seadanya. Tidur udah pake kipas angin, masa ke museum pun ketemu kipas angin lagi...gerah banget. Gue pun meninggalkan lokasi.

Selanjutnya, gue ke Melaka Sultanate Palace, dengan harga tiket RM 2. Begitu di loket, si petugas menyerahkan tiket masuk dan plastik putih. Buat apa, Pak ? Ternyata sebelum masuk ke dalam museum, pengunjung harus melepas alas kaki, dan menyimpannya di dalam plastik. Jadi, semua pengunjung yang berkeliaran di dalam museum, pasti menjinjing plastik masing - masing yang isinya alas kaki. Hhmm...sekarang kan ada teknologi modern bernama 'rak sepatu' ya....napa harus begini caranya supaya pengunjung ngga mengotori lantai museum dengan alas kaki masing - masing. Sampah plastik kan sangat berbahaya buat lingkungan hidup...bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi kalo di museum aja plastik diobral begini...Hallaahh..!! Gaya gue kayak aktivis lingkungan hidup yang paling berdedikasi gitu...padahal masalahnya gue cuma males berkeliling museum sambil bawa plastik begini. Mending isinya ransum makanan atau cemilan...sendal dekil, gitu lho !!

Museum ini adalah replika dari Istana Sultan Mansur Shah yang berkuasa di Malaka tahun 1956 - 1977. Isinya segala hal yang menceritakan sejarah kesultanan Melaka, tentunya Hang Tuah, Hang Jebat dan kawan - kawannya legendaris itu juga bisa ditemui di sini. Di pintu masuk museum, pengunjung bakal disajikan 2 permainan tradisional : congklak dan catur halma. Gue bingung juga sih, ini permainan tradisionalnya siapa sebenernya. Pengunjung boleh memainkan keduanya sepuasnya, di atas karpet nyaman yang disediakan. Dua orang bule lagi serius banget maen congklak, yang bijinya menggunakan gundu. Kenapa seserius itu sih ? Come on..It's just congklak, everyone...Gue mahir mainnya, mau versi curang ato jujur, tapi kalo make biji dari keong.

Gue ngambil tempat di permainan catur halma. Bukan buat main, tapi numpang tiduran sejenak. Enak banget merebahkan diri di situ, apalagi posisinya dekat dengan AC. Gue yakin, kalo ada yang ngasih bantal (who will ?!), dalam beberapa menit gue pasti bakal langsung tertidur pulas. Tapi tanpa bantal pun gue sangat menikmati waktu istirahat yang berharga itu sampai....tiba - tiba seorang anak kecil mendekat dan ngeberantakin susunan anak catur, sampai terlempar kemana - mana. Sial...gue harus segera menjauh nih, jangan sampai gue yang dituduh nanti.

Keluar dari Melaka Sultanate Palace, begitu melihat Dataran Pahlawan Megamall, gue jadi pengen ke sana lagi. Kali ini gue pengen beli es krim McDonald. Gue pun ke sana, beli es krim, dan menikmatinya sambil berkeliling. Tujuan berikutnya adalah....Jalan Jalan. Rasa kantuk muncul saat gue asyik tiduran di Melaka Sultanate Palace tadi. Mungkin efek dari Panadol yang gue minum tadi. Dan sekarang gue rasa gue harus tiduran singkat, supaya stamina oke lagi.

Ahh...ada - ada aja...ngakunya bekpeker nekat, tapi mendadak jadi kayak bayi yang butuh tidur siang segala...Tiba di Jalan Jalan gue langsung cuci kaki, dan rebah di ranjang mungil gue. Hmm..Sam udah ngga keliatan...sebenernya kapan gue bisa pindahan kamar nih ? Kamar rasanya panas banget...Oh, I need AC....AC...AC...Zzz..zzz..zz...

No comments :