I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Wednesday, October 08, 2008

Lockdown on National Geographic Channel

Walaupun ngga tau jadwal tayangnya, tapi belakangan gue sering nonton acara di National Geographic Channel yang judulnya Lockdown. Ini acara mengenai kehidupan di dalam penjara - penjara di United State. Kadang gue emang suka tertarik sama hal - hal yang orang lain anggap sangat tidak penting sekali untuk disenangi.

Tapi, gue seneng acara ini mungkin karena bikin gue teringat sama hobi masa kecil gue : korespondensi. Dari SD gue emang doyan banget koresponden, terutama karena dulu gue sering baca majalah Bobo. Semua alamat yang bisa gue temukan di majalah itu, baik pengirim surat, pemenang kuis, apa aja deh..gue kirimin surat. Tragisnya, gue ngga pernah dapat balasan.

Tapi seingat gue, saat itu gue ngga putus asa, and tetap rajin beli kertas surat yang lucu dan wangi - wangi, kirimin surat (entah ke siapa aja), trus nunggu balasan. Pernah gue demikian desperadonya, gue sampe minjem Buku Doa Novena 3 Salam Maria dari temen gue di Santo Markus, biar doa gue terkabul !! Doa gue, supaya gue bisa dapat surat balesan, dari siapapun, dimanapun..Kasihan..

Begitu gue SMP, gue tau dari sepupu gue, Jeng Lany, mengenai International Youth Service, yang bisa menfasilitasi orang - orang yang hobi koresponden antar negara. Hmmm.., gue dapet beberapa orang sahabat pena dari situ. Tapi kayaknya ngga terlalu lama berhubungannya. Gue rasa saat itu masalah utama gue karena bahasa Inggris yang belum siap go public deh...

Pas SMA, temen deket gue Lindot Marissa, ngebawain gue majalah asing dari US namanya Metal Edge..isinya seperti nama majalahnya aja, Metal abis. Itu majalah untuk pencinta musik metal. Uniknya di situ ada rubrik semacam wadah sabahat pena gitu. Gue langsung napsu, and kirim biodata gue ke tuh majalah, untuk dimasukkan dalam rubrik sahabat penanya.

Beberapa minggu kemudian, gue nerima beberapa surat dari US !! Senaaaaaaannnnggg banget...Amrik gitu lho..yang biasanya gue dapet surat lokal dengan prangko gambar Suharto pake peci..atau gambar sawah.., sekarang prangkonya dari Amrik !! Cihuyyy...tapi begitu gue baca satu - per satu, gue agak binun karena semua surat yang gue terima dari narapidana. Setiap minggu gue terima surat baru, dan..narapidana lagi..narapidana lagi..Ternyata belakangan gue tahu, majalah Metal Edge itu memang jadi bacaan rutin buat para napi di penjara - penjara sono.

Baca suratnya bikin gue ngeri..ada yang dipenjara karena perampokan, narkoba, ampe kasus pembunuhan ...Udah gitu, pernah juga terima surat dari narapidana bertatus NGI (Not Guilty by reason of Insanity)..Alamaaakkkkk...!! Syerem amit..

Tapi lama - lama gue jadi 'agak' terbiasa juga.....bagi gue cara mereka nulis surat ke gue, sama kayak orang lain yang bukan napi aja...tulisannya rapi, bahasanya masih sopan. Alasan mereka tertarik untuk ngirim surat ke gue macem - macem. Ada yang nganggep nama gue aneh dan unik, ada yang bilang karena nama gue mengingatkan dia sama minuman kesukaannya : Cherry Coke, ada yang penasaran karena belum pernah denger negara antah berantah bernama Indonesia, ada juga yang ngerasa cocok karena sesama penggemar Bon Jovi. Tapi, setelah berbalas - balasan..kebanyakan mereka bilang, seneng nerima surat dari gue karena..ehmm..ehmm..tulisan tangan gue amat sangat bagusssszz...

Berhubung gue saat itu adalah anak SMA yang cuma menjalani rutinitas kehidupan pelajar Jakarta pada umumnya, bisa punya banyak sahabat pena dari Amrik, walaupun narapidana, bikin gue seneng. Karena gue mendapat cerita - cerita yang beyond my expectation and imagination...Kadang suka iba kolo baca suratnya. Karena kebanyakan pada cerita beratnya hidup di penjara. Bosan, sepi, berbahaya, dan bisa bikin gila..

Selain kasus - kasus mereka yang bikin gue ngeri, gue juga suka deg - degan pas nerima surat yang melampirkan foto. Waddooww... !! karena gue ngga pernah nerima foto yang wajar - wajar aja...ada yang foto kepala penuh dengan tatto....foto diri yang lagi mamerin tatto di sekujur badannya..foto dengan badan berotot, rambut gondrong, gaya bandit...Wadduhhh, untung nyokap ngga pernah gue kasih liat koleksi fotonya..kalo ngga..huhhh...tak terbayangkan akibatnya..

Waktu itu gue ngga bisa make alamat rumah yang di Lenteng, karena baru pindah dari Condet, jadi alamatnya belum jelas. Awalnya gue numpang pake alamat rumah Lindot..karena dia punya hobi yang sama banget ama gue, koresponden. Tapi lama - lama dia kayaknya ngeri juga, karena tahu temen - temen pena gue napi semua...Takutnya nanti pas bebas dari penjara, bikin kunjungan kejutan ke Jakarta...dan...rumah si Linda yang jadi korban..Akhirnya, solusinya, gue sewa kotak pos di kantor pos terdekat. Trus, lama kelamaan, berhubung gue parno juga dengan kenarapidanaan sahabat - sahabat pena gue yang semakin banyak, ditambah ketidaksanggupan gue beli prangko tujuan Amrik, akhirnya gue berhenti nulis surat..dan berhenti menerima surat...

Walopun dengan napi, tapi menurut gue banyak hal menarik yang bisa gue peroleh dari korespondensi. At least gue bisa improve kemampuan bahasa Inggris gue, dan nambah pengalaman unik yang bisa gue ingat. Ato mungkin, gue bisa menyenangkan teman - teman napi gue yang mungkin cukup terhibur bisa punya temen jauh dari Indonesia. Yang jelas, gara - gara tema korespondensi dengan narapidana Amrik ini gue dapat pujian dan nilai okeh waktu ujian presentasi level Advance di LIA dulu.

Teacher gue saat itu yang sangat galak, justru takjub lihat bahan presentasi gue. Apalagi begitu liat foto - foto napi yang 'agak - agak' nyentrix itu..

Well, that's why, gue suka tertarik dengan cerita - cerita tema penjara gitu (anehhh...)..misalnya pas nonton film super bagus berjudul Shawshank Redemption...atau liputan langsung mengenai kehidupan di penjara Amrik yang diceritain sama reporter bernama Ling, di acara Oprah Winfrey Show..atau..film dokumenter Lockdown ini...

Saking ngerinya ngeliat kehidupan napi gue kadang bisa iba and terharu, especially misalnya saat mereka dapat jadwal kunjungan keluarga..atau acara wisudaan di dalam penjara. Kayaknya kalau orang sudah berstatus 'napi' di dalam penjara derajatnya dan hak hidupnya turun drastis, dan harus siap and pasrah menerima perlakukan atau kejadian membahayakan apapun di dalam sana.

Hmm..kadang gue masih suka terpikir..kira - kira sahabat - sahabat pena gue itu sekarang udah bagaimana kabarnya ya ?? Well, di dalam or di luar penjara, I hope they'll be okay..And just like me..keep trying and struggling to be a good and sane person.

Rata Penuh

1 comment :

Anonymous said...

HWAHWHAHWHAHAHAHAHAHA....
Cei, ada2 aja seh loe surat menyurat ama napi, gue mpe keluar aer mata gr2 ketawa tau gak!