I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Saturday, August 15, 2009

Hari Pertama - Khoo Kongsi

Setelah gue beres - beres isi tas dan mandi, maksudnya gue mau istirahat sejenak di kamar, buat ngumpulin tenaga sebelum long journey di Pulau Penang yang nampaknya unik ini. Pas gue lagi nyoba boboan di kasur gue, Sata, salah satu stafnya Hutton masuk ke kamar. Kebetulan....akhirnya gue nanya - nanya segala macem hal ke dia mengenai Penang ini, buat modal gue jalan nanti.

Sata yang baek hati ini pun modalin gue dengan peta George Town, ibukotanya Penang Island, yang detil dan lengkap. So, gue putuskan hari ini 'misi' gue adalah tour keliling George Town dengan jalan kaki !!! Horrayyy...kalo liat di peta, kayaknya berjauhan...tapi Sata bilang semua tourist sites di George Town berdekatan dan bisa ditempuh dengan jalan kaki (asal mau cape).

Tujuan pertama gue adalah Khoo Kongsi di Lebuh Acheh, sebuah komplek komunitas keluarga marga Khoo, yang dibangun tahuan 1835. Jalan masuk ke area ini adalah sebuah 'gang' yang di kiri dan kanannya adalah rumah - rumah China tua (kosong), di ujung jalan ada tembok tinggi, dan gue harus berhenti di rumah yang paling ujung untuk beli tiket masuk seharga MYR 5. Setelah beli tiket dan dikasih 2 buah post card Khoo Kongsi, gue pun dibawa agak masuk ke dalam rumah itu oleh petugasnya. Gue binun, tapi begitu dia bukain pintu yang ada di bagian dalam rumah itu, gue langsung bengong....ternyata pintu itu adalah pintu masuk ke area utama Khoo Kongsi yang...OMG...megaaahhhh banget ! Bangunannya tuh kayak setting film-film China jaman dulu.

Tadi si petugas yang nganterin gue, sempet bilang...semua ornamen yang ada di bangunan itu adalah handmade. Gue ngga henti - hentinya berdecak kagum ngeliat setiap sudut dan detil dari isi dan bangunannya. Di bangunan sisi, gue baru tahu bahwa Khoo Kongsi ini pernah dijadikan setting syuting film Anna and King...OMG laagiii...itu salah satu film favorit gue, dengan bintang - bintang favorit gue, Everrrr !! Jody Foster and Chow Yun Fat...Seharusnya settingnya dilakukan di Thailand, tapi berhubung ngga dapat ijin, maka dilakukan di Khoo Kongsi ini...entah untuk adegan yang mana.

Jesus, it's so amazing to be here!

Isn't it a perfect background ?

Di tangga masuk

Di ruang utama

Knock...knock...knocking on the Khoo Kongsi's door..

Cherry and The Old Man...sapa ya ?

The very romantic Anna and King

Khoo Kongsi at Night

Di sini, gue gak terlalu susah dalam urusan foto, karena staff penjaga pintu Khoo Kongsi, seorang ibu, dengan senang hati selalu bersedia motret gue. Kalo di bangunan bawah, ada petugas keamanan yang sibuk bolak - balik, tapi berhasil gue jegat melulu buat motret gue. Di dalam bangunan Khoo Kongsi ini ternyata ada peraturan gak boleh pake blitz kalo motret, dan itu jadi masalah teknis buat gue karena penerangan di dalam bangunan yang remang - remang...Tapi si petugas keamanan ini lama - lama ngga tega sama gue, jadi setiap kali gue mau pake blitz, dia bakal jadi mata - mata gue untuk memperhatikan sekeliling supaya ngga ada petugas/staff lain yang melihat. So nice !

Kunjungan gue ke Khoo Kongsi ini sebagai pembuka journey gue...dan somehow, bikin gue semakin yakin dan excited, acara jalan - jalan gue saat ini pasti bakal luar biasa. Makasih Yesus !

No comments :