I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Thursday, September 11, 2008

Animal Planet - Missing Yopi Cavalera soowww muucch..!!

Sekarang tiap pulang kantor, kalo kebetulan Ibet udah pulang, gue bisa nguasain tipi dan gue habiskan malam dengan nonton cenel Animal Planet...gue bisa betah berjam - jam nontonnya...

Kolo udah nonton segala macem satwa gitu, jadi inget ama si almarhum Yopy Cavalera..anjing gue dulu yg gue sayang banget...tuh anjing dibawa mama entah dari mana pas gue kelas 6 SD...waktu itu, gue lagi doyan - doyannya pelihara burung dara bareng abang - abang gue, Rico and Pardo. Komplek kandangnya di loteng, deket genteng..makanya mama resah and darah tinggi tiap kali gue kabur ke genteng buat ngurusin burung - burung peliharaan gue...Karena itu diboyonglah si Yopi ke rumah, biar gue bisa betah di dalam rumah, bukan di genteng rumah lagi...Baru kali itu, and cuma saat itu aja mama bolehin gue bobo sekamar ama anjing, karena emang si Yopi bersih and jinak banget..

Yang paling gue inget, kayaknya si Yopi paling sering ngerepotin gue kolo dia liat gerbang rumah kebuka..nanti dia kabur keluar..trus gue kejar - kejar...semakin dikejar, dia semakin blagu..gue udah teriak - teriak manggil, dia belagak budeg..Nanti malah masuk ke gang - gang di Condet...bikin tambah cape, karena waktu itu masih banyak kebon salak di Condet, jd susah nyarinya...lain waktu, dia malah pernah masuk ke mesjid condet yang gede banget itu. walhasil gue dimarahin ama ibu - ibu yg rumahnya di komplek mesjid itu..kolo udah ketangkep, gue gendong dia, n bawa ke rumah, jalan kaki pula...

Pernah dia beberapa minggu kabur and tak terlacak...sedihnya bukan main, ampe suatu pagi mama buka pintu kamar gue sambil teriak "Si Yoppiiii udah balllliiiikkkk !!"..ternyata ada tetangga jauh kasih tau ke bokap bahwa si Yopi terjebak di kebon salak, karena rantainya nyangkut di salah satu pohon..Duuuhh, bandel bgt siyy nih anjing (kek yg punya)..

Saking sayangnya, gue yang mandiin Yopi, nyisirin rambutnya, bahkan nguncir - nguncir and kepangin rambutnya....di kasih pita, ato karet norak warna - warni..kebetulan rambut di bagian kupingnya gondrong gitu..nanti kolo udah keenakan disisirin, dia malah ketiduran..and kolo udah tidur dia bisa jadi kayak anjing yang begadang berminggu - minggu, susaaaaahhh banget banguninnya..ampe gue tarik - tarik badannya, tarik - tarik kupingnya, cubit - cubitin..tetep aja asik tidur..gimana bisa jagain rumah dari maling kolo punya anjing males kayak gini..

Kadang - kadang dia gue pakein kaos juga..punyanya Anggi tentunya, bukan gue..
Kolo gue makan, berarti gue makan berdua..karena dia selalu stand by di sebelah gue, dengan tatapan (sok) memelas, lidah yang menjulur - julur, suara nangis yang dibuat - buat, trus tangan depannya dia berusaha nyolek - nyolek gue, biar di bagi makanan..

Tapi si Yopi juga sayang ama gue kayaknya...karena dia suka nangis - nangis tiap malem di pintu kamar kolo gak gue bolehin masuk..ato dia suka gonggong sejadi - jadinya kolo ada orang yang belum pernah dia liat, deket - deket gue...bahkan, kolo gue pulang sekolah and baru buka pintu gerbang, dia udah heboh nyambut gue, padahal dia dalam rumah...

Waktu di Condet si Yopi emang tinggal di dalam rumah, karena rumahnya gede dan kebetulan dia model anjing cengeng yang gak bisa tinggal di luar sendirian..tapi begitu pindah rumah ke Lenteng Agung, dia musti tinggal di luar, karena rumahnya kecil..

Suatu sore pas gue pulang sekolah, saat itu gue udah kelas 2 ato 3 SMA, pas lagi ngobrol - ngobrol sama mama, tiba - tiba mama bilang "Oya, Cher...kamu udah tau belum si Yopi udah mati...."..Aaappaaaaaaaaaaaaa.....??!!!! Gue langsung keluar and liat ke rumahnya Yopi, and rumahnya kosong..gue cuma bisa nangis sejadi - jadinya...
Kata mama karena Yopi ketabrak...Gue kesal and marah, kenapa Yopi dibolehin keluar gerbang, kolo dia tetap di halaman rumah pasti gak bakal ketabrak..kenapa matinya pas gue lagi ngga di rumah, jadi bisa langsung liat...kenapa Yopi udah dikubur sebelum gue liat untuk yg terakhir kali..kenapa mama menyampaikan berita duka citanya seakan - akan itu masalah sepele and gampang gue terima...tapi bisa gue ngerti juga siyy, dia juga pasti udah pusing sepanjang siang mikirin gimana bagusnya buat ngasih tau ke gue...Karena dia tau betapa sayang and kompaknya gue ama Yopi..

Bahkan di sela - sela gue nangis dia masih berusaha bujuk gue and menenangkan gue...gue sempat denger mama bilang.."Kayaknya bukan karena ketabrak dia mati..karena gak ada lukanya kok...kayaknya karena dia udah tua dan waktunya mati aja.."..trus gue protes, "Kolo emang dia mo mati, ngepain dia harus keluar rumah segala..khan ini rumahnya dia !!!!!"..trus mama bilang "Mungkin itu instingnya dia, Cher...dia mau mati di luar aja, biar gak usah kamu lihat, dan bikin kamu sedih..".

Well, itu penjelasan terakhir yang bisa gue terima..walaupun terkesan ngga logis, tapi gue yakin siapapun orang di dunia ini yang punya hubungan sangat dekat dan baik dengan anjingnya bisa mengerti itu. Mungkin emang benar begitu, karena 6 tahun persahabatan gue dengan Yopi, pasti bukan cuma gue yang bisa ngertiin dia, tapi sebaliknya juga..Goodbye Yopi...sejak saat itu belum pernah pelihara anjing dalam waktu lama dengan keeratan seperti gue and Yopi...kehilangan sosok sahabat baik, merangkap teman sekamar, adik angkat, boneka dan bantal, untuk yang pertama kalinya, emang tak terlupakan...

Jadi kayak lagu aja..."Baby, I'll try to love again but I know...the first cut is the deepest.."

3 comments :

Anonymous said...

turut berduka cita atas meninggalnya Yopi Cavalera ya cher.......so deep.....gw jg pernah ngerasain sedihnya kehilangan anjing.....dulu gw punya anjing kampung tp merit sm anjingnya bule di depan rumah gw.....gw gatau tipenya apaan.....pokoknya pastinya melahirkan anak blasteran yg lucu bener.....akhirnya semua anjing gw mati dah 1 per 1....secara lingkungan rumah gw susah gitu kl mo miara anjing, emak gw ga ngasi miara di dalam rumah :(......

nama anjing lu keren ya bow. ada family name segala.....gw aja ga punya family name tuh hehe :p

-QmLun-

Unknown said...

kok jadi pada ceritain anjing sihhh...????

Anonymous said...

huhuhu... gue inget tuh si Yopi, berisik banget kalo ada tamu datang, bikin gue keder sendiri hihi...

btw, baru tau elu doyan merpati juga cey, kaya si irwan jaman kecil...