I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Monday, April 06, 2009

Backpacker Wannabe : Finding Merlion Park

Pagi ini gue bangun kesiangan. Itu karna gue amat sangat kecapean kemarin. Pas gue liat jam ternyata udah jam 8, yang berarti jam 9 waktu Singapore. Berat banget rasanya untuk ninggalin kasur gue...kaki gue makin terasa nyut - nyutan...saking pegalnya mungkin ampe kebal ama Voltaren.

Abis mandi gue kembali ke ruang bawah...ngga ngerti nih ruangan sebutannya apaan...kayak perpaduan ruang tamu, ruang makan, dapur, frontline, ruang internet, semua disini...Makanya itu, rasanya tinggal di hostel ini homy banget...karena biasanya kalo pada ngga keluyuran, tamu hostel pasti ngumpul disini.

Gue nyiapin sarapan sendiri...hostel gitu lhooo ! Pagi ini gue pilih sarapan dengan 3 lembar roti gandum, buah jeruk plus teh manis. Selesai sarapan, nyuci piring dulu (kasian deh gue...jauh - jauh ke Singapore, nyuci lagi...nyuci lagi...). Trus, gue bayar kamar untuk hari ini. Sebenernya tadi pas masih di kasur gue udah mikir - mikir...hari ini pengen pindah hostel ke Inncrowd. Bukan karna ngga puas sama Betel, cuma gue pengen nyobain beberapa hostel selama di Singapore ini. Tapi ngga jadi. Selain karna gue udah ngerasa nyaman banget di Betel, gue juga ngerasa belum sanggup untuk bawa - bawa ransel gue untuk pindahan. Apalagi gue belum tau, tepatnya di mana Inncrowd itu.

Kelar urusan pembayaran, gue cabut, meneruskan kisah petualangan amatiran gue. Rencana gue awalnya untuk hari ini gue akan ke Merlion Park dan Sentosa Island. Untuk ke Merlion Park gue naek MRT dari Paya Lebar ke City Hall station. Abis itu, gue tinggal jalan kaki. Pas jalan kaki session inilah gue sempat kesasar. Maklum deh, kayaknya City hall station tuh letaknya di pusat kota. Gue jadi binun. Gue nanya ke beberapa orang, terakhir gue nanya ke seorang pendatang juga, namanya Anand, yang ternyata emang searah ama gue, walopun dia bukan mau ke Merlion Park.

Sebelum ke Merlion Park, gue harus ngelewatin Esplanade Theatre....theatre yang bentuknya kayak durian. Begitu dari kejauhan gue udah ngeliat si Merlion, gue langsung kegirangan, dan minta tolong si Anand untuk motret gue dengan latar belakang Merlion.

Abis itu gue ama Anand pisah, meneruskan perjalanan masing - masing. Gue ke Merlion park tentunya.....Cuaca pas gue tiba di sana panas bukan maennnnn.....Di sana gue minta tolong ke beberapa orang untuk motret gue....abis dari situ gue nyeberang ke Asian Civilization Museum. Tempatnya keren banget...karna perpaduan antara gedung - gedung perkantoran, sungai, taman, jembatan bersejarah, taman kota yang amat sangat rindang dan luas, dan museum itu tuh....Sebelum masuk museum gue istirahat dulu di bagian depan museum....pegal. Gue istirahat sambil jajan es krim durian di dekat situ.

Pas gue lagi asik nikmatin es durian, datang mendekat seorang bapak yang gue temui di Merlion park tadi. Si bapak tua Singaporean ini salah satu korban, yang gue mintain tolong buat foto session. Gue ngobrol cukup lama sama si mister Singaporean, ternyata dia ke museum itu untuk ngeliat acara khusus yang lagi diadain di sana....Tapi berhubung ada HTM yang harus dibayar : SGD 8, gue ngga minat ikutan liat.

Dia nanya tujuan gue berikutnya apaan. Gue bilang Sentosa island. Dia ngga rekomen ke Sentosa hari ini, karna kalo kesana, menurut dia, asiknya tuh seharian.

Pas ngobrol - ngobrol mengenai daerah Little India, dia rekomen untuk kunjungin temple India yang sangat keren dan banyak dikunjungi turis di daerah Little India. Gue langsung semangat dan setelah pamit sama si bapak tua, gue pun melesat ke City Hall station.

Di City Hall gue harus ambil MRT ke station transit...Dhoby Ghaut station namanya. Dari Dhoby Ghaut gue ganti ke MRT NEL (north east line), tujuan Little India. Sayang, gue apes...nyampe di sana ujan lebat bukan maen. Trus, di pintu keluar gue sempat nanya ama seseorang...di situlah gue nyadar, betapa bodohnya gue tadi ngga nanya ke mister Singaporean yang gue temuin di museum, apa nama temple yang dia maksud. Akhirnya gue cuma bisa bertanya, "Hello, Sir...could you please tell me where is the famous main temple here ?"...trus orang yang gue tanya nunjuk ke suatu arah. Gue pun berlari - lari ngelewatin ujan menuju arah yang di maksud. Ternyata nama "Little Indian" tuh harafiah sekali...ini emang wilayah India. Semuanya serba India. Ampe spanduk nama salon pun lengkap dengan fotonya Aishwarya Rai. Ngga mungkin kan Aishwarya Rai pernah ngeblow rambut di salon model ruko kayak gitu...

Berhubung hujannya udah terlalu lebat, gue berenti di sebuah tempat. Di situlah gue berdiri, di seberang sebuah kuil, sendirian...nyaris basah total. Seorang kakek lewat di depan gue, langsung aja gue teriakin "Hello, Sir....may I know, where is the location of the biggest main temple here ??!!!". Entah karna dia iba ngeliat gue yang obviously kesasar, dia berenti. Akhirnya dia nemenin gue neduh di situ selama kurang lebih 45 menit. Ternyata mister India ini usianya udah 82 tahun. Dan dia kerja partime jadi kurir di toko obat. Orangnya baek, dia ngasih gue direction mengenai Little India. Yang mengejutkan adalah pas dia bilang ternyata temple yang ada di seberang gue bukanlah temple yang dimaksud. Temple utama di daerah itu ada di arah yang berlawan justru....Oooooo eeeM Geeeee...!!! perjuangan yang sia - sia....parahnya lagi pas dia bilang kalo semua temple di Little India baru dibuka untuk umum setelah jam 4 sore. Perfeeeect disasterrrrr...!! Gue bilang ke mister India kalo gue ngga mungkin nunggu, karna itu masih 2 jam lagi, gue mo pulang aja. Mister India ngasih tau gue arah pulang kalo naek bis, dia malah ampe nawarin payungnya dia segala. Gue ngga tega ngeliatnya, gue bilang bakal nunggu aja. Pas lagi ngobrol, dia didatangin sama seorang laki - laki laen, yang kayaknya bos toko obatnya dia. Dia pun pamit sama gue. Tinggallah gue sendirian lagi di situ, 75% basah, binun, putus asa...di negara India kecil itu.

Gue nunggu lagi....dan begitu ujan sudah mulai reda, gue punya lari sekencang - kencangnya ke Little India station. Kecewa. Gue pun naek MRT lagi, kali ini gue pengen berenti di China Town station. Tanpa tujuan jelas. Tiba di sana, gue binun, karna modelnya kayak kawasan bisnis banget....dari kejauhan gue liat di China Town Point ada logo McDonalds. Gue pun langsung ke sana, karna perut gue udah lumayan laper. Di sana gue cuma beli double cheeseburger seharga SGD 2,5. Lumayan kenyang....gue masih ragu buat nyoba makan lokal. Yang parah, malah gue ngga ada napsu sama sekali untuk nyoba makanan sini. Kelar makan, gue memutuskan untuk balik lagi ke MRT station. Jadi kalo dipikir - pikir gue, jauh - jauh gue ke ChinaTown ini cuma buat beli Mcdonalds. Anehh....

Gue pun naek MRT arah pulang ke Paya Lebar station. Kali ini karna udah terlalu cape, gue pengen naek bis aja. Gue nunggu di halte Singapore Post office. Gue pun baca - baca direction board mengenai arah dan nomor bis. Gue akan naek nomor 155, karna gue liat dia akan lewat Sims avenue dan Joo Chiat. Apes lagi...apes lagi....walopun tadi tuh bus udah sempat berenti di Geylang Serai, ternyata tujuannya ngga seperti yang gue harapkan....ke somewhere yang gue ngga kenal dan bikin gue panik. Gue akhirnya turun, in the middle of nowhere. Nyebrang jalan, untuk ambil bis lainnya. Liat - liat direction board lagi. Cape...panas...kali ini ambil bis nomor 40, karna sesuai petunjuk bis ini akan lewat Joo Chiat Complex. Berhubung bisnya kosong, gue dengan leluasa bertanya sama sang sopir...ujung - ujungnya gue minta ama dia supaya dia kasih tau gue kalo nanti udah sampe Joo Chiat complex, dan gue pun duduk tenang di belakang Pak Sopir yang sedang bekerja... mengendali bis supaya baek jalannya. Heeeyyy...!!! Tuk..tik..tak..tik..tuk..tik...tak..tik...

Begitu turun dari bis, kembali gue harus berjalan...dan berjalan...dan berjalan lagi.....padahal hari ini kayaknya energi gue udah terkuras banget...karna jarak tempuh yang super jauh, kecewa karna nyasar mulu, dan juga karna cuaca yang extrem bener.

Nyampe di hotel gue punya tiduran bentar, istirahat kaki, mandi, dan here I am...ngenet dulu. Malam ini gue ngga mo terlalu cape, karna besok rencana pengen check out dan kabur ke Malaysia. Nyiapin kondisi fisik dulu...terutama nyiapin nyali...many people say that Malaysian is not too friendly....all the best for my journey lha...God will always be with me !