I laugh, I love, I hope, I try, I hurt, I need, I fear, I cry, I blog...Welcome to my blog, welcome to my life !!

Tuesday, April 07, 2009

Backpacker wannabe : Safely arrived in Malaysia

Huaaaahhhhhhhhh.....!!!!

Makasiiihhh, Jesus....!!! Akhirnya, gue tiba di Kuala Lumpur, Malaysia dalam kondisi sehat dan tetap bersemangat ! Padahal tadi waktu masih di Singapore gue bener - bener ragu untuk melanjutkan petualangan gue ini ke sini. Hal yang paling bikin gue ragu dan sedikit pesimis adalah masalah keimigrasian.

Gue check out dari hotel sekitar jam 10 pagi waktu Singapore. Gue mampir bentar di Joo Chiat Complex buat nyari money changer. Sayangnya, money changer baik di Joo Chiat Complex maupun di ruko sepanjang jalan Joo Chiat ngga ada yang buka. Terpaksa, gue harus jalan kaki ke City Plaza. Di sana gue cuma nukar SGD gue jadi MYR 50.

Dari City Plaza gue naek bis ke arah Bugis Junction. Tiba di Bugis, karna bingung kemana harus mencari bis arah terminal Larkin, gue malah mampir di Bugis Street. Bugis street tuh kayak pasar rakyat yang jual barang - barang standard dengan harga, yang mungkin bagi Singaporean murah, tapi menurut gue biasa aja. Barang - barangnya juga ngga ada yang menarik - menarik banget sih. Di sana gue beli jus duren yang harganya SGD 2...sebenernya bukan karna gue lagi ngidam duren, tapi gue mo minta tolong sama si pelayan booth jus nya untuk ambil foto gue di Bugis Street itu.

Keluar dari Bugis Street gue sempat binun beberapa saat...karna gue bener - bener have no clue kemana harus mencari bus arah Larkin. Sebelum gue berpetualang, gue ngeprint beberapa tulisan backpacker Indonesia di blog mereka. Dan di blog itu mereka bilang bisa ambil bis arah Larkin di daerah Bugis. Tapi dimana nya ?

Gue pun turun ke Bugis Junction, ke MRT station. Still clueless....Saking putus asanya, gue pengen ambil alternatif lain : Menuju Golden Mile...Tapi baik di direction board di halte bus maupun di MRT station, ngga ada petunjuk mengenai "Golden Mile"....Gue buka - buka lagi peta gue...malah tambah binun.....

Dalam keadaan cape (ujan boo) dan putus asa, gue keluar dari MRT station...saat itu gue baru nyadar. Ternyata di Singapore itu, walaupun segala fasilitasnya sangat amat mudah dan helpful buat para turis, tapi entah kenapa gue jarang banget liat petugas keamanan ato informasi yang bisa ditanyain. Begitu gue keluar dari station, gue tambah binun lagi, karna gue ada di sisi lain dari Bugis Junction. Tepat di depan pintu keluar ada halte bus....dan di halte bus itu ada kios kecil (gue lupa jualan apa tuh kios). Mister kiosnya lagi nikmat banget makan mie, sampe keringetan. Gue nanyain deh dimana gue bisa ambil bus arah Larkin. Dia menunjuk ke arah pasar. Another pasar...bukan Bugis Street. "Behind that market...". Gue pun langsung lari ke arah sana dengan penuh kelegaan.

Tapi ternyata di balik pasar itu ngga ada terminal atau pun petunjuk bahwa di situ ada bus stop or something like that. Tambah panik....Gue pun jalan ke arah lampu merah...ngga tau mo ngepain...Eh, pas gue lagi nunggu giliran buat nyeberang gue liat di kejauhan (lupa nama jalannya), ada bus....Gue lari ke arah situ, dan ternyata benar...di sanalah ternyata tempat ngambil bus/taxi arah Larkin. Gue pun naik bus Causeway Link, dengan ongkos SGD 2.5 saja.

Perjalanan sekitar 30 menit....dan saat yang gue takutkan tiba...bus berhenti di perbatasan Singapore - Malaysia, dan gue harus turun untuk checkpoint di Imigrasi Singapore. Petugas imigrasinya sangat ramah dan dia nyebut gue "brave girl" karna gue jalan sendirian. Gue cuma jawab, " You are the second Immigration officer who said that, Sir....The immigration officer in Harlbourfront also said the same. Wish me luck and have a nice day !"

Selesai checkpoint, gue harus nunggu bus Causeway link berikutnya...sebenernya gue bisa aja pilih lanjut dengan bus manapun...tapi berarti gue musti bayar lagi. Bus datang, gue naek....baru 5 menit duduk, bus berenti lagi, dan gue harus turun lagi....kali ini check point di Imigresen (sumpeh...begini tulisannya !!) Malaysia. Di sini deh gue makin deg - degan.... But as I always believe...Jesus is always be with me...no problem at all di tahap ini. Saking girangnya, gue tanpa tau malu (as usual), minta tolong imigresen officernya buat foto gue. Cekleekkk !!! Resmi diterima di Malaysia !! Horeeee...!!

Perjuangan belum berakhir, karna gue musti menuntaskan perjalanan ke Larkin (Johor Baru). Begitu bus tiba di sana, seperti yang udah gue prediksi, banyak calo menyambut penumpang bus yang baru turun.....gue belagak cuek ngelewatin beberapa loket tiket yang dipenuhin calo dan bujuk - bujuk supaya beli tiket bus mereka....Gue sengaja ngelewatin mereka semua dan mampir di McDonalds (agaaaiinnn..?) Di sana gue beli cheeseburger (again). Waktu di imigresen gue sempet nanya di booth tourism Malaysia, gue minta rekomen mereka the best bus yang bisa gue naikin, dan mereka bilang : Plus Liner atau TransNational....Gue pun beli tiket TransNational seharga MYR 31, yang kebetulan langsung berangkat.

Total perjalanan sekitar 5 jam, dengan 2 kali berhenti di tempat peristirahatan....Herannya, ngga seperti biasanya, gue ngga ngerasa cape, justru excited. Gue pengen nyoba tidur, kayak penumpang lainnya, tapi ngga bisa. Ngga sabar buat sampe di Puduraya Station dan mulai petualangan gue.

Perjalanan gue hari ini benar - benar amazing...apalagi begitu dari kejauhan gue udah mulai liat menara Petronas....It's amazing that God gives me the chance to see that tower straightly.